bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Squid Game Dituduh Lakukan Plagiarisme Dua Bulan Sebelum Perilisan Musim ke-2

Satwiko Rumekso - Hiburan -> Film
Minggu, 15 September 2024 19:48
    Bagikan  
Squid Game
Netflix

Squid Game - Squid Game dituduh menjiplak karya orang India

HELOINDONESIA.COM - Dua bulan sebelum peluncuran besar musim kedua "Squid Game," seorang sutradara India yang dituduh mengajukan gugatan terhadap Netflix di pengadilan federal AS karena diduga menjiplak filmnya tahun 2009, "Luck," menurut laporan Bloomberg pada hari Sabtu.

Menurut laporan tersebut, pembuat film India Soham Shah mengajukan gugatan ke pengadilan federal di New York pada hari Jumat, menyebut "Squid Game" sebagai "tiruan terang-terangan" dari film Hindi-nya sendiri. "Luck" berkisar pada kisah "sekelompok orang yang putus asa dan terlilit hutang yang dibujuk untuk mengambil bagian dalam serangkaian permainan kompetitif untuk memenangkan sejumlah besar uang" dan menghadapi kematian jika mereka kalah dalam permainan tersebut.

Shah "menuntut ganti rugi yang tidak disebutkan jumlahnya dan perintah pengadilan yang mencegah Netflix melanggar hak ciptanya dengan memasarkan dan menayangkan 'Squid Game'," menurut laporan tersebut.

Baca juga: Gempa Tektonik M5,1 Guncang Samudera Hindia Selatan Jawa, Tidak Berpotensi Tsunami

"Alur cerita utama, karakter, tema, suasana hati, latar, dan rangkaian peristiwa 'Squid Game' sangat mirip dengan Luck, sehingga mustahil kemiripan tersebut hanya kebetulan," kata Shah, menurut Bloomberg.

"Squid Game," serial Netflix terlaris tahun 2022 yang menjadi serial berbahasa asing pertama yang menyapu bersih Emmy Awards, juga berkisah tentang sekelompok orang yang berjuang mati-matian demi uang dan mempertaruhkan nyawa sebagai hukuman.

Netflix menepis tuduhan tersebut dan berjanji untuk "mempertahankan masalah ini dengan tegas."

"Klaim ini tidak berdasar," kata juru bicara Netflix dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh Bloomberg. "Squid Game diciptakan dan ditulis oleh Hwang Dong-hyuk dan kami bermaksud untuk mempertahankan masalah ini dengan tegas."

Musim kedua "Squid Game" akan dirilis pada 26 Desember.***