Jelang HUT RI ke-79, Kemendagri Imbau Kepala Daerah Jaga Distribusi Barang.

Senin, 12 Agustus 2024 13:28
Sekdaprov Fahrizal Darminto mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara daring

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --- Sekdaprov Fahrizal Darminto mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara daring, di Ruang Command Center Lt. II Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Senin (12/8/2024).

Jelang HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Plt. Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir mengimbau seluruh Kepala Daerah agar tidak membuat kegiatan yang menarik keramaian dan mengganggu distribusi barang, terutama pada jalur yang menjadi urat nadi perekonomian daerah dan jalan-jalan utama.

Deputi bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas Nyoto Suwignyo menyebutkan, di tingkat konsumen, beberapa komoditas telah mengalami kenaikan harga diatas HAP/HET diantaranya beras premium zona 3, beras medium zona 3 dan cabai rawit merah. Sedangkan untuk harga komoditas bawang merah berada dibawah HAP/HET dikarenakan pada bulan Juli merupakan puncak panen.

Baca juga: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran KM KIRANA I, 52 Kru Kapal Dievakuasi

Nyoto Suwignyo berharap agar kepala daerah memberikan atensi kepada sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga diatas HET dan melakukan upaya pengendalian harga di daerahnya masing-masing.

Irjen Kementan Setyo Budiyanto menyampaikan program prioritas kementan dalam mendukung peningkatan produksi padi, yaitu optimasi lahan rawa, irigasi perpompaan, irigasi perpipaan, pompanisasi, penambahan areal tanam padi gogo.

Terkait program pompanisasi, Setyo Budiyanto mengungkapkan bahwa Kementan menyalurkan 62.338 unit pompa ke 12 Provinsi. Setyo berharap agar Kepala Daerah pro aktif sehingga dalam pendistribusiannya tepat sasaran kepada kelompok tani yang membutuhkan. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Berita Terkini