Bank Indonesia dan IWO Kolaborasi Membumikan Bahasa Langit

Kamis, 8 Agustus 2024 00:19
IWO dan BI (Foto IWO/Helo) Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung siap berkolaborasi dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPW) Provinsi Lampung untuk "membumikan bahasa langit" atau istilah-istilah ekonomi dan bisnis.

"Dalam dunia ekonomi bisnis, ada "bahasa langit" atau istilah-istilah ekonomi yang belum familiar buat masyarakat," kata Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Lampung Junanto Herdiawan.

Menurut dia, tugas jurnalis bagaimana membahasakannya agar cepat dipahami masyarakat. Junanto mengajak saling update informasi agar dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat,

Junanto mengungkapkan IWO Lampung memiliki peran besar menjadi perpanjangan Bank Indonesia untuk mendistribusikan informasi kepada masyarakat di Bumi Ruwa Jurai.

"Kami dukung terus segala aktivitas, kegiatan, pertemuan, aksi sosial yang dilakukan IWO," kata dia. Ia berharap seluruh jurnalis yang tergabung dalam IWO Lampung juga berperan untuk menangkal berita hoaks.

"Tantangan yakni informasi digital post truth semua bisa membuat dan menyebarkan informasi. Ini sangat mengerikan sekali. Banyak sekali berita hoaks dan mirisnya banyak yang percaya. Bahkan dibuat seolah-olah berita, disebar di grup WhatsApp dan orang-orang pun percaya," kata dia.

Deputi Bank Indonesia Kpw Lampung Achmad P. Subarkah menambahkan kunjungan dan rencana kolaborasi bersama IWO dapat memperkuat BI untuk menyebarluaskan informasi.

"BI membutuhkan wartawan sebagai perpanjangan tangan untuk menginformasikan kebijakan BI dan menghindari berita hoaks yang beredar. kami mengapresiasi dan mendukung kehadiran IWO Lampung," ujar dia.

Sementara itu, Plt. Ketua IWO Lampung Aprohan Saputra menyampaikan terima kasih atas jamuan BI Lampung. Ia berharap pertemuan ini dapat memperkuat kolaborasi yang terjalin selama ini.

"Selama ini, IWO Lampung selalu mendapat dukungan dari BI Lampung, semoga kedepannya kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan baik oleh BI maupun IWO dapat dikolaborasikan," ucapnya.

IWO Lampung sebagai rumah besar bagi wartawan online akan terus berinovasi dalam program peningkatan kualitas wartawan.

"Diusia IWO yang ke-12 tahun ini, IWO mengusung tema 'berkarakter dan beradab' yang diharapkan dapat menjadi semangat bersama," tambahnya. (Rls/Hajim)

Berita Terkini