- Pj. Gubernur Samsudin Bersama Menteri Perdagangan RI Lepas Ekspor Produk Olahan Kelapa.

Sabtu, 3 Agustus 2024 19:57
-- Pj. Gubernur Samsudin bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan pelepasan ekspor tiga kontainer produk olahan kelapa

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM--- Pj. Gubernur Samsudin bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan pelepasan ekspor tiga kontainer produk olahan kelapa (santan, dessicated coconut, dan coconut water), di PT Sari Segar Husada, Tarahan, Sabtu (3/8/2024).

Tiga kontainer produk olahan kelapa PT Sari Segar Husada (Sungai Budi Group) senilai Rp25,3 Miliar tersebut diekspor ke Australia, Belanda, Tiongkok, dan Tanzania.

Dalam mendukung perekonomian jangka panjang menuju Indonesia Maju, Provinsi Lampung terus mengupayakan pembangunan  di segala sektor, sehingga mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang positif. PDRB Provinsi Lampung pada Triwulan I Tahun 2024  (65.952,47 Milyar Rupiah) tumbuh 3,3 % dibandingkan Triwulan I Tahun 2023 (63.847,72 Milyar Rupiah).

Sektor perdagangan tumbuh dengan baik yaitu sebesar 8,58 %, dibandingkan periode yang sama pada Tahun 2023 dan menjadi sektor pendorong utama ketiga pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung setelah pertanian dan industri pengolahan.

Kinerja perdagangan luar negeri Provinsi Lampung, pada bulan Januari s/d Mei Tahun 2024 telah mencatatkan nilai ekspor sebesar 1,8 miliar USD, impor sebesar 924,9 juta USD, dan menghasilkan surplus neraca perdagangan sebesar 893,6 juta USD.

Pj. Gubernur Samsudin menyebutkan, ekspor Provinsi Lampung didominasi oleh produk hasil pertanian dan perkebunan, di antaranya  CPO, kopi robusta, nanas kaleng, karet, dan tentunya produk olahan kelapa.

Pj. Gubernur selanjutnya menyampaikan apresiasi kepada PT. Sari Segar Husada sebagai industri besar yang telah concern dalam menghilirisasi produk olahan kelapa asal Provinsi Lampung yang berdaya saing dan telah didiversifikasi menjadi beberapa jenis produk yang telah memasuki pasar dalam negeri serta pasar ekspor.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden RI bahwa hilirisasi adalah kunci bagi Indonesia, dari negara berkembang menjadi negara maju, terutama melalui peningkatan nilai tambah produk ekspor," kata Pj. Gubernur.(diskominfotik)

Berita Terkini