bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Unmuh Jakarta Kini Miliki Rumah Susun, Menampung 140 Mahasiswa

Edo - Ekonomi
Jumat, 30 Agustus 2024 20:10
    Bagikan  
RUSUN
Kementerian PMK

RUSUN - Suasana peremian Rumah Susun (Rusun) di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jumat (30/8/2024)

HELOINDONESIA.COM - Ada yang menarik dari acara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy di Unmuh Jakarta (UMJ), Jumat (30/8/2024).

Menariknya adalah kehadiran menteri asal Malang ini meresmikan rumah susun (Rusun) UMJ, yang merupakan bantuan dari Kementerian PUPR, di Kawasan Kampus UMJ Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Rusun UMJ ini dibangun pada pada tahun anggaran 2022-2023 oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi DKI Jakarta, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa I, Direktorat Jenderal Perumahan.

Baca juga: Pengembangan Anak Usia Dini Secara Holistik dan Integratif Itu yang Sedang Didorong Kemenko PMK

Bangunan berupa rumah rusun sebanyak 1 (satu) tower dengan tipe 24 di atas gedung 3 lantai, dengan kapasitas hunian sebanyak 36 unit yang dapat menampung 140 mahasiswa.

Kemudian Rusun ini juga dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum, serta dilengkapi dengan meubelair atau furniture yang lengkap.

Tujuan pembangunan Rusun ini untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik dan olahraga agar memiliki hunian yang layak, sehat, aman dan terjangkau serta menunjang pendidikan luar kelas secara intensif.

Baca juga: Kemenko Polhukam RI dan BNPT Sepakat Sukseskan Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024

"Ini InsyaAllah menjadi amal jariyah yang beliau (Menteri PUPR) tanamkan melalui Muhammadiyah. Beliau sangat entengan (suka membantu), beliau sadar kalau bantuan diberikan kepada Muhammadiyah akan bermanfaat," ujar Menko PMK saat memberikan sambutan peresmian Rusun UMJ.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa pembangunan rusun adalah perintah dari Presiden Jokowi untuk membantu dan memberikan manfaat pada satuan pendidikan.

Basuki juga menyampaikan janji bahwa pihak Kementerian PUPR akan membantu pembangunan kembali Rusun Asrama Mahasiswa UMJ yang berada dalam lingkungan kampus.

Baca juga: Sebanyak 199 Pekerja Migran Malaysia Dipulangkan, Begini Reaksi Kemenko PMK

"Semua kita lakukan adalah untuk pendidikan dan pasti pahalanya akan mengalir ke semuanya," ungkap Basuki Hadimuljono.

Selanjutnya, Menko PMK bersama Menteri PUPR melakukan penandatanganan prasasti peresmian gedung rusun yang disambung dengan pengguntingan pita simbolis.

Kemudian, mereka mengecek beberapa kamar rusun, kamar rusun untuk disabilitas, dan fasilitas yang ada dalam rusun.

Baca juga: Rapat Finalisasi RPermenko, Kemenko Marves Bahas Pentingnya Peran SPBE

Menko Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan Kementerian PUPR untuk UMJ.

"Saya kira sangat bagus. Mudah-mudahan ini semua bermanfaat," ucap Muhadjir.

Dalam kesempatan itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Rektor UMJ Ma'mun Murod, serta jajaran Kementerian PUPR dan Civitas Akademika UMJ turut serta menyaksikan. **