bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Rakor Pengendalian Inflasi, Kemendagri Tekankan kewaspadaan Kenaikan Harga Komoditas.

Prty - Ekonomi
3 jam 20 menit lalu
    Bagikan  
Rakor Pengendalian Inflasi, Kemendagri Tekankan kewaspadaan Kenaikan Harga Komoditas.

Pemerintah Provinsi Lampung diwakili oleh Inspektur Provinsi Lampung, Fredy, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --- Pemerintah Provinsi Lampung diwakili oleh Inspektur Provinsi Lampung, Fredy, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual yang dipimpin oleh Plt. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir di Ruang Command Center Lt. II Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Senin (19/08/2024).

Dalam paparannya, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Pudji Ismartini menyampaikan bahwa Secara historis dari tahun 2020-2023, pada bulan Agustus dominan mengalami deflasi, kecuali pada bulan Agustus 2021.

"Deflasi terdalam terjadi di Agustus 2022 yaitu sebesar 0,21%. Kelompok pengeluaran yang dominan memberikan andil pada deflasi Agustus adalah Kelompok makanan, minuman, dan tembakau," jelasnya.

Pudji Ismartini juga menjelaskan bahwa secara historis dari tahun 2020-2023, Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau dominan mengalami deflasi pada bulan Agustus.

Deflasi terdalam terjadi di Agustus 2022 yaitu sebesar 1,80% dengan andil sebesar 0,48%. Komoditas bawang merah memberikan andil deflasi terbesar pada saat itu sebesar 0,15%.

"Komoditas yang paling sering memberikan andil deflasi pada bulan Agustus adalah bawang merah, daging ayam ras, cabai merah, telur ayam ras, den cabe rawit," jelasnya.

Komoditas bawang merah, daging ayam ras, dan cabai merah dominan mengalami deflasi pada bulan Agustus tahun 2021- 2023. Inflasi komoditas bawang merah menunjukkan penurunan sejak Mei 2024. Sedangkan inflasi komoditas daging ayam ras menunjukkan penurunan sejak April 2024. Sementara itu, inflasi cabai merah menunjukkan penurunan sejak Juni 2024.

Meski selama empat tahun kebelakang, historis Agustus selalu mengalami deflasi, Pudji Ismartini menjelaskan bahwa ada beberapa komoditas yang menyumbang andil inflasi.

"Komoditas sigaret kretek mesin selalu menjadi penyumbang andil inflasi pada bulan Agustus 2020-2023. Sigaret kretek tangan menyumbang andil inflasi pada Agustus 2023. Selain itu, komoditas beras menyumbang andil inflasi Agustus pada dua tahun terakhir.(diskominfotik)