bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Di Hari Kemerdekaan, Hulu Migas Beri Enam Kado Terindah untuk Indonesia

Ajie - Ekonomi
9 jam 9 menit lalu
    Bagikan  
Di Hari Kemerdekaan, Hulu Migas Beri Enam Kado Terindah untuk Indonesia

Industri hulu migas memberikan kado terindah pada momentum HUT ke-79 RI

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Industri Hulu Migas memberikan kado terindah dengan serangkaian catatan kinerja positif hingga Agustus 2024.


Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) kegiatan investasi terus meningkat dari tahun ke tahun, realiasi kegiatan pemboran sumur eksplorasi maupun sumur pengembangan sudah melampaui capaian sebelum pandemi Covid-19, sumur infill Banyu Urip sudah mengalir, lifting (salur gas) di bulan Juli melesat diatas target APBN.

Baca juga: Indonesia Berusia 79 Tahun, Ini Harapan Veteran dan Warga Jateng

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D Suryodipuro mengatakan bahwa kerja keras seluruh insan industri hulu migas serta upaya Pemerintah dan SKK Migas untuk terus meningkatkan daya saing sektor hulu migas menghasilkan kinerja yang menggembirakan dan menjadi Kado Kemerdekaan Republik Indonesia.


“Hulu Migas memberikan 6 kado yang terindah bagi rakyat Indonesia pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79,'' kata dia di Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Hudi menyampaikan keyakinan industri hulu migas untuk melesat ke depan dan menjadi kado kemerdekaan. Pertama kesuksesan kinerja eksplorasi. Temuan eksplorasi di Geng North, Layaran, dan Tangkulo telah menempatkan Indonesia pada posisi teratas temuan eksplorasi di Asia Tenggara dalam dua tahun terakhir. Temuan ini membuktikan bahwa potensi subsurface Indonesia masih sangat menjanjikan,

Baca juga: Perayaan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jateng, dari Fun Run hingga Festival Jamu dan Kuliner

Kedua, kata dia, upaya peningkatan produksi minyak melalui produksi dari Banyu Urip Infill Clastic atau BUIC. Sumur B-13 yang merupakan sumur pertama dari proyek ini telah memproduksikan minyak pada tanggal 9 Agustus lalu dengan produksi 13.300 BOPD dan akan disusul dengan sumur kedua di kuartal IV 2024.

“Untuk gas, industri hulu migas melampaui target lifting (salur) secara harian pada tanggal 24 Juli 2024. Artinya, kemampuan produksi gas sangat besar, tinggal bagaimana komitmen di dalam negeri dari para pembeli gas bisa direalisasikan”, ujar Hudi.

Teknologi Digital

Kado yang ketiga kata Hudi adalah pembangunan teknologi digital dalam pengadaan barang/jasa (IOG E-Commerce) yang telah mendapatkan apresiasi dari Menko Marinves Luhut Pandjaitan yang selaras dengan arahan Pemerintah. Untuk itu, SKK Migas telah mengimplementasikan IOG E-Commerce.

Baca juga: Mbak Ita Undang Cicit Buyut Keluarga WR Soepratman, Antea Nyanyi Indonesia Raya

Kemudian keempat yaitu peningkatan multiplier effect melalui penandatanganan 10 GSA dengan total nilai US$ 1.2 miliar atau setara dengan 18,9 triliun rupiah, serta penandatanganan 8 Procurement Contract senilai 428 juta dolar AS atau setara 6,4 triliun rupiah, yang dilakukan pada saat pembukaan Supply Chain & National Capacity Summit beberapa hari lalu.

Berikutnya kado kelima yaitu pemerataan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru. Industri Hulu Migas melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang berorientasi untuk menciptakan kesejahteraan sosial. Pada tahun 2024 ini, telah diperoleh Kesepakatan Anggaran PPM sebesar 35.38 Juta dolar AS atau sebesar Rp. 530 Miliar, naik sebesar 127% dari tahun 2023 yang sebesar 27.7 Juta dolar AS.

Selanjutnya keenam, Industri Hulu Migas turut berkontribusi dalam upaya mengurangi emisi karbon. Industri hulu migas telah meluncurkan 6 inisiatif untuk pengurangan karbon. Selain program CCS, Energy management, Zero Routine Flaring dan lain-lain, setiap tahunnya industri hulu migas menargetkan penanaman 2 juta pohon dan sejak diluncurkannya renstra IOG 4.0 pada tahun 2020 telah menanam 8.5 juta pohon. (Aji)