bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Menparekraf: Wellfest 2024 Perkuat Indonesia Sebagai Global Wellness Tourism Destination

M Ridwan - Ekonomi
2 jam 5 menit lalu
    Bagikan  
Menparekraf/Baparekraf,
Ist

Menparekraf/Baparekraf, - Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi Wellfest 2024sebagai salah satu festival wellness terbesar di tanah air yang mengusung tema natural and beauty.

HELOINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi "Wellfest 2024" sebagai salah satu festival wellness terbesar di tanah air yang mengusung tema "natural and beauty" dengan dukungan penuh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia.

Menparekraf Sandiaga saat membuka "Wellfest 2024" di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (2/8/2024), mengatakan wisata kebugaran (wellness tourism) merupakan salah satu produk wisata yang sangat diminati oleh wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

"Ini merupakan fenomena pascapandemi, di mana kita melihat bahwa ada peningkatan daya saing Indonesia sebagai destinasi wisata kebugaran yang berdaya saing global," kata Menparekraf Sandiaga.

Baca juga: Menteri PPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan Warga Binaan Lewat Pelatihan Keterampilan

Hal ini tidak lepas dari kekayaan budaya serta produk-produk yang dimiliki Indonesia yang menunjang wisata kebugaran. Sebut saja rempah-rempah, jamu, dan spa.

"Saya akan kedatangan dua tamu yang berkunjung ke Indonesia untuk pertama kali, satu dari Inggris dan satu dari Timur Tengah, dua-duanya datang ke sini karena tertarik ingin mencoba wellness tourism. Dua-duanya ingin mencoba jamu, ingin mencoba spa, dan produk-produk kecantikan yang kita miliki," kata Menparekraf Sandiaga.

Karena itu, Menparekraf Sandiaga mengapresiasi penyelenggaraan "Wellfest 2024" yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia terutama wellness tourism. Wellfest 2024 juga diharapkan dapat mendorong gaya hidup sehat dan bugar bagi masyarakat juga wisatawan.

Baca juga: Bulan Bhakti Pramuka 2024 Digelar, Benyamin Sampaikan Dukungan Pemkot Tangsel Terhadap Gerakan Kepramukaan

"Kita harapkan ini semakin mendorong kekuatan produk-produk kebanggaan kita, produk dalam negeri. Mari jadikan Indonesia sebagai episentrum global wellness tourism destination, dimana kita mendorong gaya hidup sehat dan bugar ya di Indonesia aja. Kita harapkan Wellfest 2024 ini sebagai langkah pembuka," ujar Menparekraf Sandiaga.

"Wellfest 2024" berlangsung di Central Park Mall mulai 2 hingga 4 Agustus 2024. Event ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan aktivitas seputar gaya hidup kebugaran serta produk kesehatan yang telah diawasi oleh BPOM.

Wellfest 2024 diisi 80 booth dari UMKM dan pelaku usaha dari kategori kecantikan dan perawatan tubuh, kesehatan, industri obat bahan alam, wellness lifestyle dan wellness tourism, dengan healthy workout yang akan menjadi pembuka kegiatan di pagi hari.

Baca juga: Presiden Jokowi: Saya Tidak Sempurna, Saya Manusia Biasa

BPOM helpdesk pun hadir untuk memberikan konsultasi untuk masyarakat maupun pelaku usaha, selama event ini berlangsung.

Bersamaan dengan event ini juga diselenggarakan "2nd Indonesia Health Tourism Exchange Forum (IHTEF) 2024" yang mempertemukan 20 seller/provider dari industri wellness Indonesia dengan 40 buyer dari industri pariwisata.

Plt. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), L. Rizka Andalusia, mengatakan bahwa kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun tidak hanya itu, kesehatan juga harus didukung dengan kebugaran dan kecantikan.

Baca juga: Awali Rangkaian Peringatan HUT ke-79 RI, Presiden Jokowi Hadiri Zikir dan Doa Kebangsaan di Istana Merdeka

"Keseimbangan antara pola hidup yang sehat, rutin berolahraga, dan yang juga penting adalah mengonsumsi makanan yang aman dan bermutu, merawat kesehatan tubuh dan kecantikan, serta mengelola stres adalah hal yang sangat penting bagi kita untuk mempertahankan kondisi tubuh kita agar tetap sehat dan bahagia. Inilah yang kita harapkan dari kegiatan Wellfest 2024 ini sehingga tujuannya dapat tercapai," ujar Rizka.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah.