Helo Indonesia

Mendagri Optimistis Indonesia Jadi Negara dengan Ekonomi Dominan di Dunia

M Ridwan - Ekonomi
3 jam 49 menit lalu
    Bagikan  
Ekonomi,
Ist

Ekonomi, - Mendagri mengemukakan pengalamannya dalam melihat perkembangan China menjadi negara dengan kekuatan ekonomi global.

HELOINDONESIA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan optimismenya terhadap potensi Indonesia menjadi negara dengan ekonomi dominan di dunia. Hal ini sebagai respons terhadap prediksi kemajuan ekonomi Indonesia dari sejumlah lembaga.

“Berbagai lembaga internasional yang kredibel memprediksi Indonesia akan menjadi negara nomor empat ekonomi dominan di seluruh dunia. Saya termasuk yang optimis dengan prediksi tersebut,” tegasnya dalam acara Malam Penganugerahan "Satu Inspirasi" di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Mendagri mengemukakan pengalamannya dalam melihat perkembangan China menjadi negara dengan kekuatan ekonomi global. Ia meyakini bahwa Indonesia juga memiliki potensi untuk mencapai tingkat kemajuan yang serupa, jika memanfaatkan sumber dayanya secara efektif dan konsisten.

Baca juga: Dapat Program Bedah Rumah Tangsel, Nunung Tersenyum Sembari Meneteskan Air Mata Bahagia 

Selain itu, Mendagri melihat bahwa dunia tidak memiliki sebuah otoritas yang mengatur secara keseluruhan. Artinya, ini adalah kesempatan bagi setiap negara untuk dapat bersaing dan berjuang mendominasi di tingkat global terutama di segi ekonomi.

“Saat ini mungkin banyak yang skeptis, banyak yang pesimis, tapi saya melihat bahwa it can happen,” ucapnya.

Dia juga menyebut bahwa untuk menjadi negara dengan ekonomi dominan di dunia diperlukan produksi yang masif. Menurutnya, ada tiga syarat utama untuk mencapai produksi masif, yakni banyaknya angkatan kerja, kekayaan alam yang melimpah, dan wilayah yang luas.

Baca juga: Dorong Masyarakat Konsumsi Ikan, Pilar Ingin Tekan Stunting dan Gizi Buruk di Tangsel

“Tidak banyak negara yang memiliki tiga syarat itu, yang jelas China, India, US, Indonesia, Rusia, Meksiko, Brazil, South Africa,” ungkapnya.

Di lain sisi, Mendagri mengapresiasi pihak penyelenggara “Satu Inspirasi” yang memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh daerah dari berbagai bidang. Kegiatan ini, kata dia, akan menjadi motivasi bagi tokoh-tokoh daerah untuk terus berkompetisi dan meningkatkan kinerjanya.

“Selamat kepada tokoh-tokoh yang terpilih, tolong terus untuk maju, berkarya, sehingga dapat ditiru oleh yang lain,” pungkasnya.

Baca juga: Menag : 46 Jemaah Masih Dirawat di Saudi, Tidak Dikenakan Biaya

Sebagai informasi, acara ini dihadiri langsung oleh Tokoh Pemuda Inspiratif sekaligus Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka, CEO B-Universe Rio Abdurrachman, Chairman B-Universe Enggartiasto Lukita, Komisaris Utama Disway Dahlan Iskan, Direktur Utama Disway Yanto, Direktur Utama PT BRI (Persero) Tbk Sunarso, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani Arief Mulyadi, Sekretaris Jenderal Ombudsman Suganda Pandapotan Pasaribu, Stafsus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini, Direktur Utama Bank Jatim Budi Satrio, Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Emil Dardak, pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama dari berbagai kementerian/lembaga, serta para bupati/wali kota.

Hadir juga tokoh-tokoh terpilih dalam berbagai kriteria, di antaranya adalah Kriteria Komitmen Mendorong Pembangunan Daerah, Transformasi Digital untuk Masyarakat, Penggerak Ekonomi Masyarakat, Reformasi Birokrasi dan Layanan Prima, Peningkatan Kesejahteraan Sosial, serta Pelestarian Lingkungan dan Energi Terbarukan. Turut hadir pula para dewan juri, yakni Dadan Umar Daihani, Agustinus Prasetyantoko, Wahyu T. Setyobudi, dan Devie Rahmawati.