Helo Indonesia

Pj Bupati Mulyadi Hadiri Acara Pengembangan BUMDes

Herman Batin Mangku - Ekonomi
Selasa, 30 Januari 2024 13:04
    Bagikan  
BUMDes
Helo Lampung

BUMDes - Acara dalam rangka busines matching senergitas bisnis bumdes pripinsi lampung bersama apdesi lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menghadiri acara DPD APDESI Lampung dan BUMD Provinsi dalam upaya membuka cakrawala pengembangan usaha BUMDes di Ballroom Hotel 21, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Senin (29/01/2024).

Selain Bupati, hadir pula pada acara bertajuk "Business Matching Sinergitas Bisnis BUMDProvinsi Bersama DPD Apdesi Lampung" antara lain Kadiskes Taufik Hidayat, Kadia PMD Arpin, seluruh ketua BUMDes, Ketua APDESI dan Kepala Pekon se-Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan tersebut membahas BUMDes yang nantinya dapat membawa tatanan perekonomian di wilayah pedesaan menjadi lebih baik.

Karena Bumdes didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat desa, untuk saling bekerja sama dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat, demi mewujudkan kesejahteraan, serta kemakmuran masyarakat desa.

Seusai kegiatan, mewakili kepala pekon yang hadir, Ketua APDESI Kecamatan Air Naningan, Saibun Iskandar mengatakan, tujuan kegiatan tersebut, guna memahami cara menggali potensi desa, memahami cara untuk menginisiasi, memulai, menentukan jenis usaha dan mengembangkan BUMD sebagai lembaga yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat desa.

"Kegiatan ini diharapkan mampu memahami cara memasarkan usaha BUMDes yang dijalankan, juga dapat memberikan pengenalan perencanaan desa berbasis potensi yang mampu menggerakkan pembangunan desa," Katanya.

Lanjutnya, memberikan pemahaman mengenai prosedur pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa yang partisipatif, inovatif, edukatif, transparan dan akuntabel, memberikan daya kreativitas wirausaha dalam mengembangkan BUMDes di desa.

"Mengenalkan keragaman usaha BUMDes yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan desa,” Tutup Saibun. (Hadi Haryanto)

 - 

Tags