Skuad U-17 PB Djarum Pulangkan Piala Yuni Kartika dan Pertahankan Piala Hariyanto Arbi

Sabtu, 17 Agustus 2024 19:41
Tim U-17 PB Djarum yang menjadi juara berpose dengan legenda bulu tangkis Yuni Hartika. Foto: pb djarum

MAGELANG, HELOINDONESIA.COM - Skuad U-17 PB Djarum mempersembahkan kado manis bagi ulang tahun kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia. Klub bulu tangkis asal Kudus, Jawa Tengah tersebut berhasil membawa pulang Piala Yuni Kartika dan sukses mempertahankan Piala Hariyanto Arbi usai menjadi kampiun dalam Polytron Superliga Junior 2024 yang dihelat di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 17 Agustus 2024.

Sejak awal turnamen ini bergulir, PB Djarum menargetkan membawa pulang Piala Yuni Kartika mengingat pada gelaran tahun lalu, piala tersebut direbut oleh pebulu tangkis putri Banthongyord, Thailand. Misi ini yang membuat tim putri PB Djarum berjuang mati-matian di babak final tatkala berjumpa dengan PB Mutiara Cardinal.

Baca juga: Ketua KPU Demak: Lembaga Pemantau Pilkada Bagian dari Parmas

Partai pembuka mempertemukan Jolin Angelia (PB Djarum) dengan Kayla Arsya Medina (PB Mutiara Cardinal). Meski unggul di atas kertas, Jolin justru tertinggal di gim pertama 18-21. Di gim kedua, Jolin membalas ketertinggalan dengan bermain lebih impresif dan menutup gim 21-11. Sayang, Jolin harus mengakui kemenangan Kayla usai takluk di gim ketiga 20-22.

Berlanjut ke partai kedua, giliran tunggal putri Shaafiya Yasmin Maitsaa (PB Djarum) yang membuat posisi imbang 1-1 usai menang setelah habis-habisan meredam perlawanan tunggal putri Mutiara Cardinal, Keira Putri Indriyan dengan kemenangan tipis 21-19, 21-18.

Di partai ketiga, Mutiara Cardinal justru tampil perkasa dengan menurunkan Mayla Cahya Afilian Pratiwi yang berlaga melawan tunggal putri PB Djarum Raisya Affatunisa. Bertanding selama 34 menit, Mayla mengunci kemenangan dengan skor identik 21-11, 21-11. Hasil ini sejenak membuat Mutiara Cardinal di atas angin dengan skor 2-1 atas PB Djarum.

Baca juga: Euforia Angkat Besi di Olimpiade Lecut Lifter Jateng untuk Rebut Emas PON 2024

Namun, PB Djarum belum menyerah dari upaya memulangkan Piala Yuni kartika. Di partai keempat, ganda putri Selsi Josika/Yasintha Ristyna Putri bermain apik dan memaksa ganda putri Mutiara Cardinal Kanaya Putri Juanda Utami/Kayla Arsya Medina takluk dua gim langsung 21-11, 21-10. Posisi pun kembali imbang 2-2 antar kedua tim.

Alhasil, gelar juara harus dipastikan lewat laga pamungkas yang mempertandingkan Atresia Naufa Candani/Aurelia Syakira Putri (PB Djarum) dengan Elvira Putri Dwi Aprillian/Mayla Cahya Afiilian Pratiwi (Mutiara Cardinal). Pertandingan berjalan dramatis mengingat beban kemenangan tim berada di pundak dua ganda putri tersebut. Bahkan, beberapa kali terjadi reli panjang di poin-poin krusial hingga akhirnya pasangan PB Djarum mengunci gelar juara usai memetik kemenangan dengan kedudukan 21-19, 21-6, 21-18. Hasil akhir, 3 - 2 untuk PB Djarum.

“Saya lega sekali karena akhirnya tim mampu membawa pulang Piala Yuni Kartika ke PB Djarum. Padahal, saya tadi sempat deg-degan karena harus tampil sebagai pemain penentu di partai terakhir. Saya dan Atresia Naufa Candani terus-menerus saling mengingatkan untuk tidak kehilangan konsentrasi terutama di gim ketiga. Gelar  ini ingin saya persembahkan untuk orangtua, semua pelatih, dan PB Djarum karena mereka tidak pernah lelah memberikan dukungan saya dan tim,” tutur Aurelia Syakira Putri atau yang kerap disapa Puput ini.

Kemenangan ini juga terasa istimewa mengingat ia bersama skuad PB Djarum berhasil menjejaki podium tertinggi bertepatan dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia.


Pertahankan Piala Hariyanto Arbi

Di sektor putra, skuad U-17 PB Djarum juga berhasil menyabet gelar juara usai menundukkan perlawanan PB Jaya Raya di partai final dengan skor 3-1. Pertemuan antara dua klub bulu tangkis raksasa ini merupakan ulangan dari babak final Polytron Superliga Junior tahun lalu.

Baca juga: Tips Aman dan Nyaman Sewa Mobil di Bali untuk Pemula

Kali ini, PB Jaya Raya menurunkan Maharishiel Timotius Gain yang sejak turnamen ini bergulir belum pernah sekalipun menelan kekalahan. Rekor sempurna ini juga berlanjut tatkala bertanding melawan tunggal putra PB Djarum Radithya Bayu Wardana. Tio, sapaan akrab Maharishiel Timotius Gain, menang 21-15, 21-14.

Di partai kedua, giliran PB Djarum membalas kekalahan lewat ganda putra Muhammad Rizki Mubarrok/Raihan Daffa Edsel Pramono ketika bertanding melawan Grendly Alkatib Lumintang/Muhammad Vito Annafsa dari PB Jaya Raya. Mubarrok/Raihan bermain solid sehingga membukukan kemenangan 21-14, 21-19.

Usai imbang 1-1, tim asal Kudus itu akhirnya mampu membalikkan situasi menjadi unggul 2-1 atas Jaya Raya. Adalah Yarits Al Kaaf Rengganingtyas, sosok tunggal putra yang sudah menyumbangkan poin kedua usai menyudahi perlawanan Glend Yosua Octavianus Rumondor melalui pertarungan sengit selama 41 menit dengan skor akhir 21-17, 21-16.

PB Djarum akhirnya sukses menyegel status juara Polytron Superliga Junior 2024 dalam partai keempat. Pasangan Anju Siahaan/Faizal Pangestu tampil sebagai penentu kemenangan setelah menghentikan perlawanan hebat Akmal Nurahman/Revand Harianto melalui laga tiga gim dengan skor 21-13, 17-21, 21-16. Torehan prestasi ini membuat PB Djarum berhasil mempertahankan Piala Hariyanto Arbi yang juga diraih pada Polytron Superliga Junior 2023.

Legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi, yang turut hadir dalam partai final U-17 Polytron Superliga mengatakan, bergulirnya turnamen dengan format beregu di level junior merupakah hal yang tepat demi melatih mental dan membangun kekompakan tim. Diharapkan, melalui ajang seperti ini pemain-pemain junior nasional bisa mengukur kemampuan mereka ketika bertanding melawan atlet-atlet luar negeri dan terus berkembang. (Aji)

Berita Terkini