bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Sejarah Baru, PB Djarum Sapu Bersih Empat Piala Bergengsi di Polytron Superliga Junior 2024

2 jam 40 menit lalu
    Bagikan  
Sejarah Baru, PB Djarum Sapu Bersih Empat Piala Bergengsi di Polytron Superliga Junior 2024

Tim beregu putra PB Djarum meraih juara U-19 dan berhak atas Piala Liem Swie King, berpose dengan sang legenda Liem Swie King. Foto: pb djarum

MAGELANG, HELOINDONESIA.COM - Sejarah baru terukir dalam gelaran Polytron Superliga Junior 2024. Para pebulu tangkis muda PB Djarum sukses menyapu bersih seluruh gelar juara pada turnamen yang diselenggarakan di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah tersebut.

Sebagai catatan, sepanjang penyelenggaraan Superliga Junior sejak 2016, ini adalah kali pertama sebuah klub memboyong seluruh titel kampiun.

Tahun PB Djarum memboyong Piala Yuni Kartika (U-17 Putri) dan Piala Hariyanto Arbi (U-17 Putra) pada partai final kategori U-17 yang diselenggarakan Sabtu (17/8) lalu. Satu hari berselang, Minggu (18/8), giliran pebulu tangkis muda dari klub yang bermarkas di Kudus ini meraih Piala Susy Susanti (U-19 Putri) dan Liem Swie King (U-19 Putra).

Baca juga: Skuad U-17 PB Djarum Pulangkan Piala Yuni Kartika dan Pertahankan Piala Hariyanto Arbi

Sejatinya, upaya menyapu bersih seluruh gelar juara terlihat dari PB Djarum yang menerjunkan dua tim (PB Djarum A dan PB Djarum B) di tiga kategori yakni U-17 Putra, U-17 Putri dan U-19 Putri dalam turnamen ini.

Upaya ini membuahkan hasil. Terlihat pada babak final U-19 Putri terjadi ‘perang saudara’ antara PB Djarum A dan PB Djarum B. Meski telah memastikan titel juara bagi klub, tim PB Djarum A dan tim PB Djarum B sama-sama bermain penuh ambisi dan tidak mau kalah di laga pamungkas.

Tim PB Djarum A harus mengerahkan kemampuan terbaik untuk dapat mengunci kemenangan 3-0 atas PB Djarum B di final. Sedangkan di sektor U-19 Putra, pada babak pamungkas PB Djarum berebut gelar juara dengan PB Mutiara Cardinal. Tunggal pertama PB Djarum, Moh. Zaki Ubaidillah, membuka keunggulan usai menang 21-8, 21-15 atas wakil PB Mutiara Cardinal, Faisal Muhammad Fikri dalam tempo 41 menit.

Baca juga: Edi-Eko Resmi Kantongi Rekomendasi PKB untuk Pilkada Demak

Selanjutnya, kemenangan juga diperoleh PB Djarum pada partai kedua yang mempertemukan ganda putra Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan (PB Djarum) dengan Ahmad Tarindo Akbar/Fachry Adnan Pamungkas (PB Mutiara Cardinal). Hanya dalam tempo 28 menit, ganda putra PB Djarum tersebut mengunci kemenangan dengan poin 21-13, 21-9.

PB Djarum memastikan gelar juara di kategori ini lewat partai ketiga yang mempertandingkan Richie Duta Richardo (PB Djarum) melawan Akmal Zaidan Pamuji (PB Mutiara Cardinal) dengan skor 21-7, 21-16. Hasil ini membuat membuat PB Djarum menang 3-0 atas PB Mutiara Cardinal dan berhak memboyong Piala Liem Swie King.

“Kekompakan dan saling percaya dalam tim membuat kami bisa mengunci kemenangan juga kembali meraih gelar juara,'' kata Richie yang juga diganjar sebagai Atlet Favorit U-19 Putra.

Motivasi

Manajer Tim PB Djarum, Fung Permadi, mengucap syukur skuad asuhannya bisa menjawab target dari klub dengan memboyong empat piala yang diperebutkan dalam turnamen ini. Torehan prestasi ini akan menjadi motivasi bagi para atlet muda PB Djarum untuk bisa mengharumkan nama bangsa dalam kejuaraan maupun turnamen yang lebih tinggi lagi.

Baca juga: Serunya Lomba Agustusan di Desa Margomulyo Kendal, Bapak-bapak Gendong Istri

Di bagian lain, Vina Julita Wijaya selaku Head of Public Communications Polytron mengucapkan selamat kepada klub PB Djarum yang sukses menyapu bersih seluruh gelar bergengsi dikejuaraan superliga 2024 ini. Ia pun berharap, kemenangan di arena pertandingan dapat menjadi pijakan menumbuhkan kepercayaan diri, mental dan kemampuan demi menghadapi turnamen yang lebih prestisius.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pebulu tangkis muda yang telah berjuang penuh semangat dalam turnamen ini, baik bagi atlet muda Indonesia maupun para pebulu tangkis junior yang datang dari luar negeri.

Ia berharap, turnamen dengan format beregu ini dapat rutin diadakan sehingga bisa menjadi ajang mengasah dan menambah pengalaman para atlet muda merasakan atmosfer kejuaraan beregu.


Berikut daftar juara:

U-17 Putri
Juara I : PB Djarum
Juara II : PB Mutiara Cardinal
Juara III : PB Djarum dan PB Jaya Raya
Atlet Favorit : Kayla Arsya Medina (PB Mutiara Cardinal)

U-17 Putra
Juara I : PB Djarum
Juara II : PB Jaya Raya
Juara III : Gideon Badminton Academy dan PB Djarum
Atlet Favorit : Muhammad Rizki Mubarrok (PB Djarum)

U-19 Putri
Juara I : PB Djarum A
Juara II : PB Djarum B
Juara III : Banthongyord Thailand dan Hong Kong China
Atlet Favorit : Shandy Tirani Mahesi (PB Djarum)

U-19 Putra
Juara I : PB Djarum
Juara II : PB Mutiara Cardinal
Juara III : Sports Affairs Malaysia dan PB Power Rajawali
Atlet Favorit : Richie Duta Richardo (PB Djarum)
(Aji)