Keren! Pedagang Kecil Sekarang Bisa Jualan di Mal Hasil Kerjasama Tokopedia dan Shop Tokopedia

Sabtu, 20 Juli 2024 20:39
Tokopedia dan Shop Tokopedia dan meluncurkan produk Shop Tokopedia Mall. ist

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Kita tak pernah membayangkan sebuah mal yang megah dan mewah, berjejeran toko kecil dan pedagang murahan menawarkan dagangan. Mereka, para pelaku usaha kecil dan menengah, kini naik pangkat berkat kerjasama Tokopedia dan Shop Tokopedia menghadirkan platform Shop Tokopedia Mall. Merasakan belanja daring dan online.

Sebagai informasi, Tokopedia telah diakuisisi oleh TikTok. Dengan penggabungan ini, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia resmi bersatu. Hasilnya, nama pun berubah menjadi Shop Tokopedia.

"Penjual di ShopTokopedia yang berstatus 'Mall' meningkatkan kepercayaan pembeli. Toko atau produk yang ditawarkan lebih ekslusif tapi tidak merobek kantong,” kata Senior Director of Ecommerce ShopTokopedia Stephanie Susilo kepada wartawan saat peluncuran ShopTokopedia Mall, pada Jumat hari ini (19/07/2024) di Hotel Park Hyatt, Jakarta.

Dia katakan, pengguna dan konsumen mendapat voucher pengiriman yang spesial. Di sisi penjual, mereka menikmati solusi pemasaran yang lebih luas dan merambah bisnis dalam skala lebih besar. Dapat mengikuti program promo, seperti tanggal kembar.

Data internal ShopTokopedia menunjukkan bahwa sepanjang semester I 2024, penjual berstatus 'Mall' mengalami pertumbuhan bisnis hingga tiga  kali lipat lebih tinggi. ShopTokopedia Mall membantu pelaku usaha bertransaksi daring dan online. "Itulah alasan kami membuat platform tersebut muncul, lantaran tren e-commerce di Indonesia kiat meningkat dan masih terus meningkat ke depannya," ujarnya.

Menurut Bank Indonesia, secara volume, transaksi e-commerce naik dari 3,49 miliar kali pada tahun 2022 menjadi 3,71 miliar kali pada tahun 2023. Sementara nilai transaksi e-commerce pada tahun 2023 mencapai Rp453,75 triliun.

Tokopedia dan ShopTokopedia sendiri mencatat, katanya, ada kenaikan jumlah penjual di masing-masing platform. Di Tokopedia, jumlah penjual naik sekitar 2 juta, dari 12 juta pada 2022 menjadi sekitar 14 juta pada 2023. 

Sedangkan di ShopTokopedia, jumlah penjual pada tahun 2023 naik hampir 20% menjadi sekitar 7 (tujuh) juta pada tahun 2024. "Dengan sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia, jumlah penjual menjadi 21 juta orang,” ucapnya.

Hasil survei MetrixLab pada 2024 menunjukkan sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia meningkatkan loyalitas konsumen dan pengguna. Tercatat 79% pengguna Tokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui ShopTokopedia, dan 77% pengguna ShopTokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui Tokopedia.

"Berdasarkan data internal Tokopedia maupun ShopTokopedia, berbagai kampanye kolaborasi antara dua platform juga berhasil meningkatkan transaksi para penjual," ia mengungkapkan.

Ia mencontohkan, dalam program Ramadan Ekstra Seru yang lalu, dagangn para penjual meningkat lebih dari 79%, Promo Guncang 5.5 meningkatkan transaksi sebesar lebih dari 66%, dan Promo Guncang 6.6 membuat transaksi naik lebih dari 72%.

Stephanie mengungkapkan, di Tokopedia, penjualan produk fashion meningkat hingga 3 (tiga) kali lipat. Ia optimis lewat ShopTokopedia Mall, masyarakat bisa mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan jaminan 100% asli, gratis ongkos kirim (ongkir), dan gratis 15 hari pengembalian.

 Begini cara mengakses ShopTokopedia Mall juga sangat mudah.

  1. Buka aplikasi TikTok,
  2. Klik ShopTokopedia
  3. Klik ‘Mall’



Berita Terkini