bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kreativitas Warga Serang, Ubah Daun Stroberi Jadi Keripik yang Menggugah Selera

Selasa, 8 Agustus 2023 07:17
    Bagikan  
Kreativitas Warga Serang, Ubah Daun Stroberi Jadi Keripik yang Menggugah Selera

Warga Serang saat mengemas keripik dari daun stroberi

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Buah stroberi dengan paduan rasa manis dan asam tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Buah berwarna merah saat matang dengan biji kecil ini telah dikembangbiakkan di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jateng.


Maka tidak heran jika kita mendapati banyak rumah di Serang yang menanam buah asal benua Amerika tersebut.

Seperti jenis tanaman buah lainnya, stroberi jika telah berbuah beberapa kali maka kita harus membuang dan mengganti dengan bibit tanaman ang baru. Dengan kreativitasnya, Asih Trianawati (24) warga Desa Serang RT 01/RW 04 memanfaatkan daun tanaman stroberi untuk diolah menjadi sajian kuliner berupa keripik yang menggugah selera orang untuk menikmatinya.

“Produksinya sekitar 5 kg sampai 10 kg per minggu atau tergantung permintan konsumen,” ujar Asih dalam keterangannnya, Senin 7 Agustus 2023.

Produk keripik daun stroberi yang diberi merk Secerca ini mulai dirintis Asih pada tahun 2021 lalu dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitarnya. Harga jual yang ditawarkan Rp. 17.500,- dipasarkan di lokasi wisata sekitar Desa Serang dan gerai Tuka-tuku Dinkopukm Purbalingga, keripik daun stroberi Secerca ini digemari tua dan muda.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Purbalingga sangat membantu untuk kemajuan usaha ini,” pungkasnya. (Aji)