bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pembangunan MRT Lintas Timur Barat Disuntik Dana Mencapai Rp 14,49 Triliun, Ditargetkan 2031

Aris Mohpian Pumuka - Ekonomi -> Bisnis
2 jam 46 menit lalu
    Bagikan  
MRT Lintas Timur Barat
Ist.

MRT Lintas Timur Barat - Pencanangan MRT lintas timur barat dilakukan Presiden Joko Widodo.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Seolah berkejaran dengan waktu, seturut Jakarta bakal menjelma Kota Global. Pembangunan MRT (Moda Raya Terpadu) lintas timur barat mulai dicanangkan Presiden Joko Widodo, pada Rabu (11/9/2024) di terowongan bawah tanah Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat mengungkapkan pembangunan MRT lintas Timur Barat ini tidak akan menunggu penyelesaian lintas Utara - Selatan tahap 2 dari HI - Kota Tua, yang ditargetkan 2027 mendatang.

Namun ia belum mau mengungkapkan kapan pembangunan fisik jalan ini akan dilakukan. "Tahap awal kita pasti ada penebangan pohon, utilitas, lahan dan sebagainya biasa itu kan. Kan yang paling lama di situ tapi kalau tinggal ngebor kan 8 meter per hari," ujarnya kepada wartawan.

Begitu juga dengan rencana pembebasan lahan untuk proyek ini, masih dalam tahap koordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Gus Ipul Mendadak Mundur dari Walikota Pasuruan, Ini Sebabnya

Pembangunan MRT lintas timur-barat fase I tahap I yang menghubungkan Medan Satria hingga Tomang akan dimulai. Proyek MRT ini akan terdiri dari 21 stasiun. 

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pembangunan proyek MRT lintas timur-barat akan dibangun sepanjang 24,5 km. Ada 21 stasiun yang akan dibangun.

"Pembangunan MRT lintas timur-barat sepanjang 24,5 km yang terdiri dari 21 stasiun," kata Heru.

Pembangunan proyek ini mendapatkan pinjaman dari Jepang sebesar 140,699 miliar yen atau sekitar Rp 14,49 triliun (kurs Rp 103).

Baca juga: Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Australia : Berakhir dengan Skor imbang 0-0, Marteen Paes Bermain Sangat Baik

Pembangunan fase I tahap 1 ditargetkan beroperasi 2031. Heru mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan duta besar Jepang untuk RI atas sinergi yang telah terjalin dalam pembangunan MRT berkelanjutan.

"Dan juga kami mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, dan jajaran dari MRT atas sinergi terjalinnya dalam pembangunan MRT Jakarta yang berkelanjutan," tuturnya.


Berikut rincian 21 stasiun tersebut:

-Medan Satria
-Ujung Menteng
-Pulo Gebang
-Cakung Barat
-Penggilingan
-Pulogadung
-Perintis
-Pakulonan Timur
-Pakulonan Barat
-Sumur Batu
-Cempaka Baru
-Galur
-Senen
-Kwitang
-Kebon Sirih
-Thamrin
-Cideng
-Petojo
-Roxy
-Grogol
-Tomang

Baca juga: Viral Video ! Seorang Ayah Tega Lakukan Bantingan, Tendangan dan Pukulan Pada Putrinya, Ternyata Ini Penyebabnya