Helo Indonesia

Permintaan Mobil Bekas Kendaraan Keluarga dan LCGC Tinggi

Anang Fadhilah - Ekonomi -> Bisnis
Sabtu, 20 Juli 2024 11:52
    Bagikan  
Mobil Bekas
Banjarmasin

Mobil Bekas - Penjualan Mobil Bekas Istana Motor di Banjarmasin/(Istana Motor Banjarmasin) (ist/helokalsel)

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Penjualan mobil bekas di Kota Banjarmasin mengalami berbagai dinamika pada tahun 2024 ini.

Walaupun secara umum ada penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, jenis mobil keluarga dengan kapasitas mesin di bawah 1500 cc masih tetap diminati.

Ari Wibowo, seorang penjual mobil bekas di Show Room Istana Motor di Banua Anyar, Banjarmasin, berbagi pandangannya mengenai tren ini.

Ari Wibowo menjelaskan bahwa penjualan mobil bekas di tahun 2024 mengalami sedikit penurunan, terutama untuk jenis mobil mewah.

"Penjualan mobil bekas di tahun ini sedikit mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2023, terutama untuk jenis mobil mewah," jelas Ari.

Faktor ekonomi dan perubahan kebutuhan masyarakat pasca-pandemi menjadi alasan utama penurunan ini.

Namun, di tengah penurunan umum, penjualan mobil bekas dengan kapasitas mesin di bawah 1500 cc masih tetap stabil dan bahkan meningkat.

Ari mencontohkan bahwa mobil seperti Toyota Calya, Toyota Agya, dan Daihatsu Sigra sangat laris manis di pasaran.

"Penjualan mobil bekas di bawah 1500 cc paling banyak diminati pembeli. Misalnya mobil Calya, Agya, dan terlebih lagi Daihatsu Sigra laris manis di show room mobil di Kota Banjarmasin," ungkap Ari.

Ari menjelaskan beberapa alasan mengapa mobil bekas di bawah 1500 cc tetap diminati. Pertama, harganya yang lebih terjangkau dibandingkan mobil dengan kapasitas mesin lebih besar.

Kedua, konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit, membuat mobil-mobil ini menjadi pilihan ekonomis bagi masyarakat.

"Mobil bekas yang paling dicari dan diminati para pembeli ya Daihatsu Sigra. Mungkin karena alasan konsumsi BBM irit dan dapat memuat penumpang lebih banyak atau kursi tiga baris," tambah Ari.

Menariknya, pembeli mobil bekas di Show Room Istana Motor datang dari berbagai wilayah, tidak hanya dari Kota Banjarmasin.

"Kalau pembeli yang datang membeli mobil bekas disini datangnya dari berbagai wilayah di Kalsel dan Kalteng," papar Ari.

Hal ini menunjukkan bahwa pasar mobil bekas di Banjarmasin tidak hanya terbatas pada kota tersebut, tetapi juga menarik minat dari daerah-daerah sekitarnya.

Satu hal yang menarik dari kebijakan Show Room Istana Motor adalah mereka tidak menerima atau menjual mobil listrik bekas.

Ari menyebutkan bahwa minat terhadap mobil listrik di Kalimantan Selatan masih sangat minim.

"Kami tidak menjual atau membeli mobil listrik bekas di sini. Alasannya ya karena peminatnya memang kurang," pungkasnya.

Di Show Room Istana Motor, berbagai merek mobil bekas tersedia untuk calon pembeli. Mulai dari Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu, BMW, hingga mobil bekas produk Eropa lainnya.

"Di Istana Motor ini ada mobil bekas jenis mewah, dan ada juga mobil penumpang atau mobil keluarga yang bersih serta siap dijual," jelas Ari.

Penjualan mobil bekas di Banjarmasin pada tahun 2024 menunjukkan tren penurunan secara umum, terutama untuk jenis mobil mewah.

Namun, mobil keluarga dengan kapasitas mesin di bawah 1500 cc tetap diminati karena harga yang terjangkau dan konsumsi BBM yang irit.

Show Room Istana Motor di Banua Anyar menjadi salah satu tempat yang menyediakan berbagai pilihan mobil bekas untuk masyarakat dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Tengah.