Helo Indonesia

Belum Ada Lonjakan Pembelian Kambing Qurban, Harga Rp2-3 Juta

Herman Batin Mangku - Ekonomi -> Bisnis
Jumat, 14 Juni 2024 21:41
    Bagikan  
KURBAN
Helo Lampung

KURBAN - Pedagang kambing kurban (Foto Rama/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Harga kambing kurban menjelang Idul Adha 2024 di Kabupaten Pesawaran dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp3 juta.

Maulana, seorang penjual kambing kurban di Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran mengatakan, harga kambing kurban bervariasi. Perbedaan harga hewan kurban tersebut tergantung jenis yang dipilih oleh calon pembeli.

"Untuk di lapak saya tersedia kambing, domba, dan etawa, dan harga kambing tersebut, menurut saya masih dalam kondisi stabil dan tidak mengalami banyak berubah dari harga tahun lalu," kata Maulana, Jumat (14/6/2024).

Menurutnya, sampai saat ini antusias pembelinya, masih belum terasa tinggi, dari puluhan hewan kurban yang dijualnya, dia menyebut kambing yang laku dibeli hanya dua atau tiga ekor saja per hari.

"Ya, belum tinggi, cuma dua hingga tiga ekor per hari, belum ada lonjakan. Mungkin mendekati hari H nanti akan mengalami lonjakan pembelinya," ujarnya.

Dijelaskan, bila dibandingkan, dua atau tiga tahun lalu, kambing kurban terbilang tinggi. Pada masa Covid-19 bisa laku sampai 200 ekor, tahun kemarin bisa sampai 50 ekor.

"Dari pandemi sampai tahun 2024 mengalami penurunan dalam pembelian hewan kurban. Bahkan, tahun 2023 lalu stok sebanyak 60 ekor yang tersisa masih banyak," jelasnya.

Ia mengungkapkan, turunnya pembeli di lapak miliknya karena tingginya kebutuhan masyarakat.

"Tapi saya berharap sebelum Idul Adha, para pembeli hewan kurban bisa mengalami lonjakan," pungkasnya. (Rama)

 -