bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Bupati Dendi Berhasil Gaet 6 Investor Rusia

Herman Batin Mangku - Ekonomi -> Bisnis
Jumat, 22 Maret 2024 14:53
    Bagikan  
INVESTASI
Helo Lampung

INVESTASI - Bupati Dendi ketika menjelaskan peluang investasi di kabupatennya (Foto Ist/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berhasil menggaet enam Investor Rusia pada gelaran “The 30th Moscow International Travel & Hospitality Show (MITT) 2024 di Crocus Expo”, Moskow, Rusia yang dilaksanakan pada Rabu (20/3/2024) waktu setempat.

Menurut Dendi, beberapa dari para calon investor itu ialah Founder One Glamping Mr. Igor Susharin dan CEO Hilltop Properties Ilya Ragimoff.

undefined

"Mr. Igor tertarik mengembangkan bisnis Specialized Tourism dan Glamping Chain di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Teluk Pandan. Sedangkan CEO Hilltop Properties Ilya Ragimoff tertarik melakukan investasi di sektor Hotel dan Property," kata Dend, Jumat (22/3/2024).

Ia mengatakan, keduanya akan segera melakukan penjajakan bisnis untuk pengembangan tourism di KEK Teluk Pandan sebelum melakukan investasi.

"Pihaknya siap menyambut serta akan membuka lebar pintu investasi di kabupaten Bumi Andan Jejama," ujarnya.

Dikatakan, para investor Rusia itu tertarik setelah Bupati Pesawaran mempresentasikan investment outlook Kabupaten Pesawaran melalui kegiatan Paviliun Indonesia yakni Showcase dan B2B Meeting tentang Investment Opportunity in Indonesian Tourism dengan pertemuan one on one.

Ia juga memperkenalkan dan menawarkan langsung kepada para calon investor untuk memperoleh gambaran mengenai sumber daya potensi serta menginformasikan kemudahan berinvestasi di Kabupaten Pesawaran.

"Sehingga investor mendapatkan informasi yang akurat mengenai peluang investasi yang sesuai dengan model bisnis yang akan mereka kembangkan," kata dia.

Pada MITT 2024 ini, Bupati Pesawaran juga menghadiri Pertemuan Delegasi Indonesia dengan Pewakilan Forum Investasi Rusia dalam wadah Paviliun Indonesia tentang "Investment Opportunity in Indonesian Tourism" di Hotel Ibis Moskow Centre Bakhrushina.

Diketahui bahwa Forum Investasi Rusia adalah lembaga independen/perkumpulan investor - investor di negara Rusia.

Dalam agenda tersebut, Bupati Dendi juga berbincang -bincang dan menawarkan secara langsung kepada Forum Investasi Rusia peluang investasi di Kabupaten Pesawaran.

"Selain fokus dalam mempromosikan serta menawarkan investasi di sektor pariwisata, kami juga menawarkan investasi dibidang lainnya seperti Agribisnis, Kawasan Industri, Potensi Panas Bumi dan Sumber Daya Alam lainnya," timpalnya.

Dendi juga menegaskan keterlibatan Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam MITT 2024 ini merupakan undangan kolaborasi antara Kedutaan Besar RI untuk Rusia dengan Deputi Bidang Industri dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Selain itu, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Pesawaran Invesment Promotion (PIP) yang digelar di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

"Dari PIP, Pesawaran dinilai memiliki potensi pengembangan pariwisata yang bagus dan diminati para investor luar negeri," tambahnya.

Diketahui, Bupati Dendi menjadi bagian dari Delegasi Indonesia yang dilibatkan langsung pada kegiatan yang diinisiasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Rusia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta project owner/investor pariwisata Indonesia yang digelar pada 19-21 Maret 2024.

Pada MITT ini, ia berharap Pesawaran dapat dikenal secara global dan dapat mencuri minat investor di Moscow.

"MITT selain menjadi kegiatan eksebisi pariwisata, juga menjadi tempat berkumpulnya para Investor Pariwisata Internasional di Rusia terutama bidang pariwisata dan kawasan industri," ujarnya.

Dijelaskannya, MITT dihadiri oleh 768 perusahaan dari 21 negara dan 57 negara bagian Rusia bidang usaha Tour Operators and Travel Agencies, Tourism Offices, Cruise, Hotels and Accommodation, MICE, Glamping, Health and Medical Centres, Transport, Travel tech companies, HoReCa (Hotel, Restaurant and Café), Museums and Parks, Adventure Tourism, Specialized Tourism.

Sementara, Direktur Manajemen Investasi Kemenparekraf RI, Zulkifli Harahap mengatakan MITT merupakan kegiatan B2B tahunan promosi pariwisata terbesar di Rusia yang melibatkan pelaku bidang usaha pariwisata dari Rusia dan internasional.

"Hal itu sejalan dengan upaya peningkatan realisasi investasi pariwisata ke Indonesia, kami memandang event ini sangat potensial untuk promosi investasi pariwisata dan peningkatan jejaring investasi di Kabupaten Pesawaran," kata Zulkifli.

Kemudian, Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia Jose Antonio Morato Tavares mengatakan saat ini Rusia sedang gencar melakukan investasi di luar negaranya. Dalam kurun waktu 2022-2023 investasi Rusia di Indonesia melonjak sampai 273 persen. Menurutnya ini menjadi peluang yang luar biasa untuk Pesawaran bisa menggaet investor-investor baru masuk ke Indonesia terlebih di Bumi Wisata Sejuta Pesona Kabupaten Pesawaran. (Rama)

 - 

Tags