bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

TikTok Shop Kembali Buka di Indonesia, Zulkifli Hasan: Masih Dalam Uji Coba

Rabu, 13 Desember 2023 12:03
    Bagikan  
Goto dan TikTok bekerjasama
ilustrasi

Goto dan TikTok bekerjasama - Menjalin kemoitraan E-commerce

HELOINDONESIA.COM - Bisnis e-commerce TikTok Shop resmi kembali beroperasi di Indonesia.

TikTok Shop melakukan "comeback" ke Tanah Air setelah melakukan kerja sama dengan Tokopedia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa operasi TikTok Shop masih dalam rangka uji coba hingga 3 sampai 4 bulan ke depan.

Masa percobaan tersebut menurut Zulkifli Hasan, adalah untuk menyempurnakan teknologi setelah kesepakatan TikTok Shop dengan Tokopedia.

"Diberikan masa untuk 3-4 bulan percobaan. Karena teknologi kan tidak mudah. Kami akan lihat sejauh mana perkembangannya. Nanti, pada saatnya, kami akan nilai," kata menteri yang akrab disapa Zulhas itu dalam acara Konferensi Pers Harbolnas 12.12 Tokopedia X TikTok di Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2023).

Baca juga: Sebut Penegakan Hukum Cukup Baik, Prabowo Bertekad Lanjutkan Program Jokowi

Zulkifli juga mengatakan, pemerintah melakukan uji coba ini agar usaha kecil dan menengah (UKM) bisa segera berusaha kembali.

"Tujuan pokoknya adalah untuk membantu seller pelaku UKM untuk tidak lama-lama menunggu bisa berusaha kembali," kata Zulkifli.

Dengan adanya kerja sama tersebut, TikTok dan Tokopedia bisa memberikan kemajuan bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

"Mudah-mudahan yang pemerintah lakukan dengan Tokopedia, TikTok dalam membangun ekosistem ecommerce ini bisa menghadirkan manfaat yag besar bagi kemajuan UMKM, industri, dan kemajuan ekonomi Indoneisa," tutur Zulkifli.

Kerja sama antara Tokopedia dengan TikTok Shop sendiri diumumkan perusahaan melalui halaman resminya pada Senin (11/12/2023).

TikTok bekerja sama dengan Tokopedia agar bisa kembali beroperasi di Indonesia.

Perusahaan platform video milik ByteDance ini menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 23,4 triliun), sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional.

Baca juga: Marc Marquez Berpotensi Jadi Satu Tim dengan Adiknya di Ducati

Lewat kerja sama baru yang dijalin dengan Tokopedia, TikTok Shop pun kembali beroperasi lewat marketplace lokal Indonesia tersebut.

Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia.

Kesepakatan antara Tokopedia dan TikTok akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan menjadi mitra eksosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau keuangan digital melalui GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek.

PT GoTo menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sesuai dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut.