MotoGP Mandalika 2024 Tunggak Hosting Fee Ratusan Miliar Akan Tetap Digelar ?

Rabu, 11 September 2024 15:38
MotoGP Mandalika 2024 MotoGP

HELOINDONESIA.COM -

Sempat ada kabar kalau MotoGP Mandalika 2024, yang diselenggarakan pada 27-29 September mendatang, terancam batal digelar jika permaslahan pembayaran hosting fee belum selesai, begini kata Sandiaga Uno.

Masalah pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024 ini juga memberikan banyak konsekuensi rumit lainnya.

Konsekuensi paling besar yang akan didapat Indonesia adalah soal nama baik, yang tercoreng jika hosting fee ini gagal dibayarkan.

Baca juga: Gawat ! Jelang Derby London, Arsenal Kehilangan 2 Pemain Kuncinya Martin Odegaard dan Declan Rice

Seperti yang dialami beberapa negara lain yang batal menyelenggarakan balapan MotoGP pada 2024, seperti Argentina ataupun India.

Hosting fee yang belum dibayar adalah sebesar Rp 231 miliar, Sadiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) memberikan kepastian soal nasib MotoGP Mandalika 2024.

Sandiaga Uno menegaskan kalau MotoGP Mandalika 2024 akan tetap digelar ditengan rumor ada tunggakan hosting fee berjumlah ratusan miliar.

Menurutnya sudah ada yang mengurus hal tersebut dan semuanya sudah sesuai rencana.

Baca juga: Marc Marquez Juara MotoGP Aragon 2024, Alex Marquez dan Bagnaia Terjatuh

"Pak Troy sudah menyampaikan bahwa semuanya sudah sesuai rencana. Jadi, tidak perlu lebih diperpanjang polemiknya," ujar Sandi usai temu media "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Jakarta, dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (11/9).

Mengenai hosting fee yang masih belum terbayar, Sandiaga mengaku tak bisa menjawab hal tersebut. Sebab, hosting fee merupakan wewenang PT Pengembanan Pariwisata Indonesia atau InJourney Tourism Development Corporation (ITDC).

Lebih jauh, dia juga menegaskan, Kemenparekraf tak terlibat dalam pembayaran hosting fee tahun ini usai mendapat temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sebelumnya, Troy Warokka mengatakan kalau MotoGP Mandalika 2024 mustahil untuk batal, karena akan merugikan banyak pihak.

Baca juga: Ini Alasan Gresini Ducati Berikan Livery Spesial Untuk Kakak Beradik Marc dan Alex Marquez di MotoGP San Marino 2024

Berita Terkini