bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pembalap Cilik Kalsel Dominasi Kelas Pocket FIM MiniGP di Surabaya

Minggu, 8 September 2024 09:36
    Bagikan  
Pembalap Kalsel
MiniGP Series

Pembalap Kalsel - Pembalap cilik ikut berlaga pada even kelas pocket MiniGP Indonesia di Surabaya.(ist/

SURABAYA, HELOINDONESIA.COM - Kejuaraan FIM MiniGP Indonesia Series Road to MotoGP untuk tahun ke-3 kembali digelar di Indonesia. Perhelatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Bukan hanya dari sisi peserta yang didatangkan dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk dari pembalap cilik Kalsel berpartisipasi. Juga beberapa peserta balap yang berasal dari luar negeri atau disebut National Meetings with Foreign Participants.

Harlan Fadhillah, Ketua Pelaksana Event Promotor FIM MiniGP mengatakan, event ini mewadahi para pembalap muda dalam meraih prestasi nasional dan internasional, sekaligus menjadi program edukasi, cikal bakal para talenta muda berbakat Indonesia ke jenjang “Road to MotoGP”.

“Setelah seluruh rangkaian series di Indonesia tahun ini selesai digelar, maka lima atlet balap terbaik dari kejuaraan ini di Indonesia akan berangkat ke kejuaraan dunia FIM MiniGP World Championship di Valencia Spanyol pada bulan November 2024 mendatang,” ungkap Harlan, Sabtu (7/9).

Ia mengungkapkan, Indonesia terpilih menjadi salah satu dari 19 negara yang menjalankan penyelenggaraan kegiatan FIM MiniGP.

Belasan negara lain tersebut di antaranya Malaysia, Jepang, Qatar, Cina, Australia, Filipina, India, Alpe Adria, Perancis, Irlandia, Italia, Belanda, Brazil, Jerman, Spanyol, Portugal, dan Amerika.

“Kegiatan ini menjadi sebuah ekosistem di bawah payung Dorna Sports, juga merupakan satu satunya program Road to MotoGP di Indonesia bagi para talenta muda berbakat,” sambungnya.

Lebih jauh Harlan menjelaskan, program ini merupakan Kolaborasi FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) dan Dorna Sports (Pemegang lisensi MotoGP dan MiniGP).

Yang membuat kompetisi Road to MotoGP bernama FIM MiniGP program ini dibuat untuk para talenta- talenta muda usia 10 tahun hingga 16 tahun.

“Balapan ini menggunakan motor merek Ohvale guna menstandartkan seluruh balapan MiniGP di semua negara,” ujarnya.

Motor ini dirancang secara khusus agar pembalap-pembalap MiniGP terlatih dari sejak dini dengan riding style seperti pembalap di MotoGP.

Sementara Leader Official Tim Balap Kalsel Agus Eho didampingi Iyan mengatakan, keikutsertaan pembalap cilik Kalsel di even ini ingin menunjukkan bahwa Kalsel memiliki talenta muda balap yang mampu bersaing dengan pembalap cilik di Indonesia. “Pembalap cilik Kalsel mendominasi di kelas pocket bike, inilah jenjang balapan yang benar, untuk menuju ke MotoGP, inilah basic bagi pembalap kita,“ kata Agus yang juga Ketua IMI Tabalong. 

niko