Helo Indonesia

Iran dan Indonesia Jalin Kerja Sama Kebudayaan

Aris Mohpian Pumuka - Internasional -> Asia Pasifik
Minggu, 23 Juni 2024 20:07
    Bagikan  
Indonesia-Iran
Ist

Indonesia-Iran - Radio Republik Indonesia (RRI) menjalin kerjasama kebudayaan dengan Radio Iran (IRIB)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Mohammed Reza Ebrahimi, Konsuler Kebudayaan Republik Islam Iran di Indonesia dalam pertemuan dengan Soleman Yusuf, Direktur Program dan Produksi Radio Republik Indonesia (RRI) mengatakan, "Mengingat kesamaan budaya kedua negara, Iran dan Indonesia, yang pertama dan langkah terpenting bagi pengembangan kerja sama antara Iran dan Indonesia sudah jelas dan penandatanganan nota kesepahaman dengan IRIB dapat dilaksanakan dalam waktu dekat," katanya, pada Minggu (23/6/2024) di Jakarta. 

Konsuler budaya Iran mencantumkan salah satu klausul dalam memorandum ini, sebagai kehadiran dan pertukaran delegasi budaya (musik dan film) di kedua negara, Iran dan Indonesia. 

Dalam pertemuan tersebut, Soleman Yusuf menyampaikan bahwa Iran memiliki budaya otentik serta adat istiadat dan tradisi yang berbeda, dan mengatakan, "Ini akan menjadi titik kesamaan kedua negara di bidang kerja sama internasional," ujarnya. 

Direktur Program dan Produksi RRI ini, mengapresiasi representasi budaya Iran atas interaksi dan kehadiran grup musik Iran di Radio Republik Indonesia dengan mengatakan, "Masyarakat Indonesia menyambut baik musik dan seni Iran," ucapnya.

Baca juga: Shin Tae-yong Hengkang Dari Timnas, PSSI Telah Menyiapkan Pengganti Yang Tak Kalah Garang dan Masih Berdarah Indonesia

Produksi konten budaya, katanya, mencakup musik dan pengenalan adat istiadat serta makanan Iran termasuk antara bagian-bagian dari klausul nota kesepahaman ini.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama kebudayaan.

Iran dan Indonesia, sebagai dua negara Islam dan pemimpin dalam pengembangan berbagai teknologi, telah berhasil mencapai tingkat pertumbuhan yang baik dalam beberapa tahun terakhir.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di kancah internasional, dan negara muslim mempunyai posisi yang penting di dunia.

Baca juga: Prediksi Susunan Pemain EURO 2024: Skotlandia vs Hungaria, Robertson dan Szobozslai Saling Sikut Demi Posisi 3 Grup A , Tonton Disini Berikut LINK Live Streamingnya

Iran dikenal sebagai model perlawanan dan kemajuan Islam yang sukses, meskipun menghadapi sanksi kejam dari AS. Tidak ada keraguan bahwa jika hubungan antara negara-negara Islam berkembang sampai batas tertentu dan di semua sektor, maka kekuatan mereka mampu mempengaruhi isu-isu dan perkembangan internasional.

Hubungan diplomatik antara Iran dan Indonesia yang dimulai pada tahun 1950 selalu hangat dan bersahabat. Iran dan Indonesia adalah pelopor persatuan Islam.