bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Macam Bunga dan Maknanya untuk Orang Tersayang

Ratu Mandiri - Ragam -> Trending
Kamis, 22 Februari 2024 17:32
    Bagikan  

-

HELOINDONESIA.COM -Bunga adalah salah satu medium paling umum digunakan untuk mengekspresikan perasaan kepada seseorang. Kado berupa bunga biasanya diberikan kepada orang terkasih guna tanda kasih sayang, atau pengungkapan perasaan dari hati yang terdalam.

Beberapa bunga yang dijadikan sebagai hadiah antara lain bunga mawar, bunga matahari, hingga bunga lily. Setiap bunga tersebut masing-masing memiliki makna tersendiri.

Terdapat 14 bunga beserta maknanya yang telah Tokopedia ulas di bawah ini. Yuk, simak baik-baik!

1. Bunga Mawar Merah

Bunga Mawar Merah

Sumber Gambar: Pinterest

Dari macam-macam bunga yang ada di muka bumi, bunga mawar merah merupakan bunga spesialis dalam percintaan. Bunga mawar merah melambangkan cinta romantis. Warna merah cerah melambangkan hasrat. Bunga mawar merah juga bisa bermakna birahi.

2. Bunga Peony

Bunga Peony

Sumber Gambar: sunset02

Bunga ini berasal dari tanaman rempah yang hanya dipanen satu tahun sekali. Bunga Peony terdiri dari berbagai warna dan varietas, bermakna kekayaan berlimpah dan kehormatan.

Kembangnya melambangkan romansa, kesejahteraan, dan keberuntungan. Dari macam-macam bunga, bunga peony merupakan salah satu bunga anti-mainstream untuk diberikan kepada pacar.

3. Bunga Aster Putih

Bunga Aster Putih

Sumber Gambar: Pixabay

Bunga Aster tumbuh di alam liar. Ada berbagai macam-macam bunga Aster, dan bunga Aster putih merupakan yang paling cantik. Bunga Aster putih bermakna kesetiaan cinta, kecantikan, kemurnian, kesucian, rasa sabar, dan kesederhanaan.

Bunga Aster putih cenderung dijual dengan harga murah, dan kamu juga bisa membudidayakan benih bunga ini di pekarangan rumah, lho!

3. Bunga Tulip

Bunga Tulip

Sumber Gambar: Tokopedia

Tulip adalah bunga yang paling populer di Belanda. Tahukah kamu Tulip berasal dari daratan Turki? Bunga cantik ini bermakna eleganitas dan keanggunan.

Macam-macam bunga Tulip dan maknanya, merah melambangkan cinta sempurna, tulip kungin melambangkan hasrat, tulip putih melambangkan permohonan maaf, dan tulip ungu melambangkan kekayaan.

4. Bunga Carnation

Bunga Carnation

Sumber Gambar: Flower Me Softly

Jika di hari Valentine bunga mawar merupakan bunga yang paling mudah ditemukan, Bunga Carnation adalah bunga yang cenderung diberikan pada hari Ibu.

Bunga Carnation memiliki beragam warna. Carnation berwarna merah melambangkan cinta mendalam dan kasih sayang. Bunga Carnation dapat diartikan sebagai cinta tulus dan keberuntungan.

Namun, dari macam-macam bunga Carnation, hindari memberikan bunga berwarna kuning atau bergaris.

5. Bunga Matahari

Bunga Matahari

Sumber Gambar: Pexels

Macam-macam bunga sebelumnya cenderung dimaknai sebagai hal berkaitan dengan cinta dan romansa. Berbeda dengan bunga Matahari.

Bunga ini merepresentasikan kehangatan, keceriaan, kekaguman, dan umur panjang. Bunga matahari cocok dijadikan sebagai hadiah untuk selebrasi hari ulang tahun jadian.

6. Bunga Lily

Bunga Lily

Sumber gambar: thompson-morgan

Bunga lily tergolong cukup unik. Banyak latar belakang dan kejadian dalam sejarah yang melibatkan bunga tersebut.

Bunga lily melambangkan kesucian dan kebijaksanaan. Ada varietas Lily lainnya yang memiliki makna berbeda seperti Lily Peruvian, melambangkan pertemanan dan kesetiaan.

Baca juga: Cewek Wajib Tahu: Kado Ulang Tahun yang Paling Berkesan untuk Cowo

7. Bunga Baby’s Breath

Bunga Baby’s Breath

Sumber Gambar: Pixabay

Sebagian besar orang tahu bunga Baby’s Breath sebagai simbol cinta sejati dan abadi yang tulus dan murni. Bunga putih mungil ini mewakili kemurnian emosi yang dimiliki dua orang untuk satu sama lain dalam pernikahan.

Selain itu, bunga Baby’s Breath juga biasanya diberikan kepada seorang perempuan yang baru melahirkan seorang anak. Disiplin diri dan kesetiaan adalah makna modern untuk bunga klasik ini.

8. Bunga Krisan atau Seruni (Chrysanthemum)

Bunga Krisan atau Seruni (Chrysanthemum)

Sumber Gambar: Pixabay

Di Asia, Krisan menandakan kehidupan dan kelahiran kembali, menjadikannya hadiah besar untuk ulang tahun dan baby shower. Di Eropa, makna bunga Krisan adalah mengekspresikan simpati.

Sementara, bunga Krisan biasanya dipandang sebagai bunga yang menandakan rasa hormat dan penghargaan di Amerika. Warna bunga Krisan pun juga memiliki makna berbeda-beda.

Namun secara umum, bunga Krisan diyakini mewakili kebahagiaan, cinta, umur panjang dan kebahagiaan.

9. Bunga Lavender

Lavender

Sumber Gambar: Pexels

Tidak hanya wangi dan kecantikan dari Lavender membuatnya spesial, tetapi bunga satu ini juga bersifat terapeutik. Bunga lavender dikenal memiliki makna kemurnian, keheningan, ketenangan, pengabdian, dan keanggunan.

Tak hanya itu, warna ungu juga hadir dengan simbolisme yang hebat. Ungu adalah warna royalti dan berbicara tentang keanggunan, kehalusan dan kemewahan.

10. Bunga Kamomil

Bunga Kamomil

Sumber Gambar: Pixabay

Pasti Toppers sudah tidak asing dengan bunga yang satu ini karena sering ditemukan dalam teh. Selain memiliki manfaat bagi tubuh, bunga Kamomil memiliki maknanya tersendiri.

Pada abad ke-19, makna bunga Kamomil adalah sebagai lambang energi dalam satu kesatuan. Selain itu, makna bunga Kamomil juga sering dikaitkan dengan nuansa tenang, itulah sebabnya teh bunga Kamomil sering dipilih di kala bersantai.

11. Bunga Morning Glory

Bunga Morning Glory

Sumber Gambar: Pixabay

Bunga Morning Glory memiliki sejumlah makna. Pertama, menurut cerita rakyat Tiongkok dari bunga ini melambangkan bahwa sepasang kekasih hanya dapat bertemu pada satu hari khusus dalam setahun.

Morning glory juga dapat ditemukan dalam literatur Victoria dan pada batu nisan Victoria untuk menandakan cinta yang tidak pernah berakhir. Biasanya bunga Morning Glory ini akan diberikan untuk memberi pesan kegigihan, kelembutan, serta berpegang teguh pada tujuan seseorang.

12. Bunga Mawar Putih

Mawar Putih

Sumber Gambar: Pixabay

Membahas tentang macam-macam makna bunga memang tak lengkap kalau tidak menguak makna dibalik bunga Mawar. Mawar putih melambangkan kepolosan dan kemurnian.Selain itu, makna bunga Mawar juga bisa berarti misteri dan rahasia.

13. Mawar Pink

Mawar Pink

Sumber Gambar: Pexels

Selain mawar merah dan mawar putih, jenis mawar juga ada yang berwarna pink. Tentunya maknanya berbeda, Mawar pink atau merah muda melambangkan rasa terima kasih, rahmat, kekaguman, dan sukacita.