bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Gelar Budaya Catur Sasangka Sukses Mencuri Perhatian Khalayak

Minggu, 27 Agustus 2023 18:27
    Bagikan  
Gelar Budaya Catur Sasangka Sukses Mencuri Perhatian Khalayak

Pertunjukan Barongan oleh Satrio Muda Jaya menutup gelaran seni budaya Catur Sasangka oleh sanggar seni Padma Baswara dan Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Foto : Jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Gelar Budaya 'Catur Sasangka' besutan Sanggar Padma Baswara yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu (26-27/8) sukses mencuri perhatian khalayak.
Selain sejumlah tarian dan atraksi seni yang ditampilkan, peluncuran perdana 'Pasar Ndara Bei' pun tak luput dari serbuan pengunjung, yang didominasi kelompok pelajar.

Mengenai kegiatan yang dipusatkan di area Pendapa Natabratan Kadilangu pada 26 dan 27 Agustus 2023 itu, Wakil Ketua Penyelenggara Ika Febriani Laksaningtyas menyampaikan, bahwa kegiatan ini terbuka untuk umum. Dengan harapan, melalui event tersebut dapat meningkatkan ekonomi kreatif serta terangkatnya potensi-potensi lokal. Seperti kekayaan ragam seni budaya, potensi alam, bahkan kuliner khas Kota Wali.

Baca juga: Gelar Sepeda Santai, Disporapar Kendal Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal

"Lebih dari ini semoga dari event tersebut dapat menjadi pemantik ketertarikan generasi muda nelestarikan budaya-budaya warisan leluhur," ujar seniman tari yang masih trah Kasepuhan Kadilangu ini.

Adapun agenda dalam kegiatan tersebut meliputi Replika Pasar Nusantara Abad Ke 18, Sarasehan Sejarah dan Budaya, City Tour Kabupaten Demak, Wayang Kulit Kontemporer, Musik Akustik, dan Kirab Tumpeng Pranata Mangsa. Di samping juga Pertunjukan Tari Sanggar Padma Baswara, Pertunjukan Tayub, TCF Kriya Renjana dan Barongan Satrio Mudo Joyo.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Endah Cahya Rini mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak telah mendukung gelaran Catur Sasangka. “Terutama kepada ibu bupati yang telah memberikan dukungan luar biasa," kata Endah Cahya Rini, yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak itu.

Baca juga: Pebulutangkis Tuan Rumah Sabet Dua Emas di USM Cup XVI 2023, Berikut Daftar Juaranya

“Untuk Mas Ferdi dan Mbak Ikha terima kasih kami sampaikan, semoga perhelatan ini dapat menjadi tidak sekadar motor, tapi juga lokomotif bagi sektor wisata di Demak," ujarnya.

Sementara itu Bupati Demak dr Hj Eistianah SE mengaku suprise dengan gelaran ini. "Matur nuwun, terima kasih kepada semua hadirin yang rawuh di sini, semoga event ini turut menjadi magnet baru pariwisata di Demak," pungkas bupati. (Jati)