bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

BPK Wilayah VII Apresiasi Kemajuan Cagar Budaya di Kota Metro

Herman Batin Mangku - Hiburan -> Seni Budaya
Kamis, 28 Maret 2024 13:36
    Bagikan  
TACB METRO
Helo Lampung

TACB METRO - Rumah Asisten Wedana

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VII Nurmantias mengapresiasi kemajuan cagar-cagar budaya yang ada di Kota Metro.Apresiasi tersebut disampaikan saat kunjungannya ke Kota Metro, Selasa (27/3/2024).

Nurmantias mengunjungi Kota Metro usai melakukan kunjungan ke Situs Pugung Raharjo Lampung Timur. Pada kesempatan tersebut Nurmantias mengunjungi Rumah Asisten Wedana, Museum Mini Santa Maria dan Sumur Hibah Imopuro.

"Maret 2023 lalu saya berkunjung ke Rumah Asisten Wedana kondisinya belum seperti ini,saat itu Kick Off Revitalisasi Rumah Asisten Wedana dan setahun sudah banyak sekali perubahannya,"ungkapnya.

Pihaknya mengapresiasi komitmen berbagai kalangan di Kota Metro yang bersama-sama bekerja memajukan cagar-cagar budaya di Kota Metro.

"Kita apresiasi tentunya baik untuk Pemkot,Pemprov,TACB,masyarakat yang ikut bersama-sama menjaga cagar budaya yang ada,"tambahanya.

BPK Wilayah VII juga berkomitmen untuk terus mendukung berbagai upaya aktivasi cagar-cagar budaya baik yang ada di Kota Metro maupun di Provinsi Lampung.

"Bengkulu dan Lampung masuk dalam wilayab BPK VII,tahun lalu kami mendukung festival kuliner di Rumah Asisten Wedana tahun ini jika ada usulan program atau kegiatan kembali silahkan diusulkan,"tambahnya.

Terpisah, Kadisdikbud Kota Metro Suwandi mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung pengembangan cagar budaya baik dari aspek pelestarian maupun pemanfaatan.

"Tahun ini implementasi kurikulum lokal yakni sejarah lokal dan cagar budaya telah berjalan dimana sekolah-sekolah dibawah naungan Pemkot Metro wajib mengunjungi cagar-cagar budaya dan Metro adalah kota pertama yang memiliki kurikulum sejarah lokal dan cagar budaya di Lampung,"jelasnya.

Disamping itu pihaknya juga terus mendukung aktivasi cagar-cagar budaya yang dilakukan oleh masyarakat.

"Seperti di Rumah Asisten Wedana dan Dokterswoning peran serta masyarakat sangat tinggi sehingga cagar budaya bisa aktif,"pungkasnya.

 - 

Tags