bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tokoh Adat Pesawaran Sayangkan Sikap Arogan Bacabup Aries Sandi

14 jam 56 menit lalu
    Bagikan  
Tokoh Adat Pesawaran Sayangkan Sikap Arogan Bacabup Aries Sandi

Farifki Zulkarnayen Arif gelar Suntan Junjungan Makhga/Foto: Rama

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - - Tokoh adat Kabupaten Pesawaran Farifki Zulkarnayen Arif gelar Suntan Junjungan Makhga menyayangkan sikap arogan bakal calon Bupati Pesawaran Aries Sandi Darma Putra kepada awak media saat melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoel Moeloek, Sabtu (31/8/2024).

Farifki mengatakan, sebagai calon pemimpin seharusnya Aries Sandi mampu menahan tutur katanya, terlebih kepada jurnalis yang memiliki kewajiban melakukan kerja jurnalistik.

"Saya baca berita pagi ini di media online, karena banyak yang ngeshare tentang sikap calon Bupati Pesawaran yang terkesan arogan kepada wartawan, tentu saya sangat menyayangkan, bukan karena pribadi, namun status yang bersangkutan sebagai calon Bupati," kata Farifki melalui sambungan telepon.

Dikatakannya, wartawan mewawancarai tentu karena kewajibannya sebagai jurnalis, jadi seharusnya dia bisa menanggapi dengan santun dan bersahabat, karena hasil liputan jurnalis itu pula yang membantu calon-calon Bupati untuk diketahui publik.

"Masa iya, dia tidak tahu bahwa wartawan atau pers itu merupakan pilar keempat demokrasi? Artinya keberadaan wartawan itu sendiri dilindungi secara konstitusi untuk mengawal pesta rakyat ini agar berjalan dengan baik," ujarnya.

"Kalau dengan wartawan saja begitu bagaimana dengan rakyat? Apalagi dia belum jadi, masih butuh suara masyarakat," tambahnya.

Menurutnya, sebagai tokoh adat, Ia meminta Aries Sandi memegang teguh falsafah masyarakat Bumi Andan Jejama yang mengedepankan etika dan sopan santun, karena Kabupaten Pesawaran merupakan daerah yang berbasis pariwisata, baik alam maupun adat istiadat.

"Jadi harus santun, karena Pesawaran ini kulturnya seperti itu, kedepankan sifat sama rata, hormat menghormati, piil pesenggikhi dan lain sebagainya," kata dia.

Untuk diketahui, bakal calon Bupati Pesawaran, Aries Sandi Darma Putra, bersikap arogan terhadap wartawan yang meliput proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Provinsi Lampung dilansir dari media online berandalappung.com.

Sikap arogan tersebut, ditunjukkan Aries Sandi Darma Putra usai menjalani tes pemeriksaan kesehatan di RSUD Abdul Moeloek Bandarlampung pada Sabtu (31/8/2024) pagi.

Dari pantauan, Aries Sandi Darma Putra terpantau keluar dari ruang pemeriksaan kesehatan di RSUD Abdul Moeloek Bandarlampung sekitar pukul 10.50 WIB.

Kemudian para wartawan mencoba mendekati Aries Sandi Darma Putra, untuk menanyakan terkait pemeriksaan kesehatannya di RSUD Abduk Moeloek Bandarlampung.

Dalam proses pelaksanaannya sejak 28 Agustus 2024, para calon Kepala Daerah di Lampung setelah selesai tes kesehatan melakukan sesi wawancara atau jumpa pers. Pihak panitia dari RSUD Abdul Moeloek Bandarlampung juga turut memfasilitasi sesi tersebut.

Namun ketika Aries Sandi Darma Putra ditemui para wartawan, Ia malah melontarkan kata-kata arogan kepada jurnalis.

"Saya lagi istirahat mau merokok, tidak ada etika tidak tahu aturan wartawan ini," kata Aries Sandi kepada para jurnalis yang coba mendekatinya.

Sejumlah wartawan kemudian kecewa dengan sikap dari Aries Sandi tersebut, padahal ia langsung berbincang santai dengan rekan-rekanya.

Bahkan Aries Sandi menyebut telah membawa wartawan dari Pesawaran saat berbincang tersebut. "Ini wartawan-wartawan saya dari Pesawaran," sebut Aries Sandi. (Rama)