bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ketua PKB Banjarmasin Hilyah Aulia Mencalonkan Diri Menjadi Wali Kota Banjarmasin 2024

Anang Fadhilah - Nasional -> Politik
Kamis, 25 April 2024 11:05
    Bagikan  
Calon Wali Kota Banjarmasin
Ketua PKB Banjarmasin

Calon Wali Kota Banjarmasin - Hilyah Aulia, Ketua PKB Kota Banjarmasin, telah menyatakan niatnya untuk maju sebagai Wali Kota Banjarmasin.(ist/heloindonesia)

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Meskipun masih beberapa bulan menjelang Pentas Pilkada 2024, sejumlah figur politisi mulai mengarahkan perhatian publik pada diri mereka, menyatakan niat untuk mencalonkan diri. Bahkan, kehadiran figur perempuan turut meramaikan persaingan politik.

Di arena Pilgub Kalsel, muncul nama Raudatul Jannah, sementara di Pilwali Kota Banjarbaru, PNS Pemko Banjarbaru Erna Lisa Halaby turut meramaikan pertarungan politik. Sementara itu, di Kota Banjarmasin, Hilyah Aulia, Ketua PKB Kota Banjarmasin, telah menyatakan niatnya untuk maju sebagai Wali Kota Banjarmasin.

"Saya niatkan diri untuk maju di Pilwali 2024, saya pendaftar pertama di PKB," ungkap Hilyah setelah mendaftar penjaringan di internal partainya yang resmi dibuka pada Kamis (25/4). Menurutnya, perkembangan pesat Kota Banjarmasin membutuhkan sentuhan seorang perempuan dalam pembangunannya. "Kota Banjarmasin masih perlu disentuh perempuan. Sebab perempuan lebih teliti, lebih cermat, lebih dari segalanya. Supaya Banjarmasin makin cantik," tandasnya.

Meski telah mendaftar secara resmi, Hilyah belum memutuskan apakah akan maju sebagai calon wali kota atau wakil wali kota. "Saya yang pasti mendaftar untuk maju mencalonkan diri pada Pilwali 2024 ini," tegasnya. Hilyah menyatakan akan menunggu hasil penjaringan di internal partainya terkait posisi yang akan diambilnya, apakah sebagai wali kota atau wakil wali kota. Dalam penjaringan tersebut, DPP PKB tidak memprioritaskan kader, sehingga siapapun boleh ikut penjaringan.

"Saat ini sudah lima orang yang menjalin komunikasi dengan PKB, termasuk Arifin Noor, yang saat ini masih menjabat Wakil Wali Kota Banjarmasin. Penentuannya nanti di fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan)," tambahnya.

Dalam Pileg 2024 sebelumnya, PKB berhasil meraih lima kursi di DPRD Banjarmasin. Artinya, untuk mengusung pasangan calon di Pilwali, PKB Banjarmasin masih membutuhkan empat kursi lagi. Oleh karena itu, PKB Banjarmasin masih perlu membangun koalisi dengan partai lain untuk mengoptimalkan peluangnya.

Tags