Helo Indonesia

Nyamuk Kabur Hanya dengan 6 Bahan Alami yang Mudah Didapat Ini!

Restiyan Ningsih - Lain-lain
Kamis, 4 Juli 2024 17:53
    Bagikan  
Bawang Putih untuk mengusir nyamuk
freepik

Bawang Putih untuk mengusir nyamuk - Bawang Putih untuk mengusir nyamuk

HELOINDONESIA.COM - Nyamuk, serangga kecil yang membawa berbagai penyakit berbahaya, memang menyebalkan. Gigitannya tak hanya gatal dan mengganggu, tapi juga berpotensi menularkan penyakit demam berdarah, chikungunya, dan malaria.

Namun, tak perlu khawatir! Ada banyak cara alami yang aman dan efektif untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda.

Baca juga: Jelang Pilkada, Bawaslu Tubaba Gelar Pencanangan Tiyuh Partisipatif

Berikut beberapa bahan alami yang mudah didapat dan bisa Anda coba:

1. Serai (Citronella)

Serai terkenal dengan aromanya yang kuat dan tak disukai nyamuk. Anda dapat menanam serai di pot atau meletakkan batang serai yang diiris di sudut-sudut ruangan. Minyak serai pun bisa dibakar di diffuser atau dioleskan ke kulit sebagai penangkal nyamuk.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki bau yang menyengat bagi nyamuk. Anda dapat menanam bawang putih di sekitar rumah atau meletakkan irisan bawang putih di dekat pintu dan jendela. Anda juga bisa membuat semprotan nyamuk alami dengan mencampurkan air, bawang putih yang dihaluskan, dan sabun cuci piring.

3. Kopi Bekas

Kopi bekas, terutama bubuk kopi, memiliki aroma yang dibenci nyamuk. Taburkan bubuk kopi bekas di sekitar rumah atau masukkan ke dalam wadah kecil dan letakkan di beberapa titik. Anda juga bisa mencampurkan bubuk kopi dengan air dan menyemprotkannya ke area yang sering didatangi nyamuk.

Baca juga: Apa Alasan Alberto Rodriguez Hengkang dari Persib Bandung, Mendapat Tawaran Menarik dari Klub Lain??

4. Minyak Esensial

Beberapa minyak esensial, seperti lavender, peppermint, citronella, dan eucalyptus, memiliki efek penangkal nyamuk. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam diffuser, mencampurnya dengan air untuk disemprotkan, atau mengoleskannya ke kulit.

5. Cuka Apel

Campuran cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1 dapat menjadi semprotan nyamuk alami yang efektif. Semprotkan campuran ini ke area yang sering didatangi nyamuk, seperti teras, taman, atau kamar tidur.

6. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang tak disukai nyamuk. Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air dan semprotkan ke area yang ingin Anda jaga bebas nyamuk.

Tips Tambahan:

Jaga kebersihan lingkungan rumah. Genangan air adalah tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Pastikan untuk selalu membersihkan bak mandi, ember, dan wadah air lainnya secara rutin.

Gunakan kelambu saat tidur. Kelambu dapat menjadi penghalang fisik yang efektif untuk mencegah nyamuk menggigit Anda saat tidur.
Tutup jendela dan pintu di malam hari. Nyamuk lebih aktif di malam hari. Tutup jendela dan pintu rumah Anda untuk mencegah nyamuk masuk.

Kenakan pakaian berwarna terang. Nyamuk lebih tertarik pada warna gelap. Kenakan pakaian berwarna terang saat berada di luar ruangan untuk mengurangi risiko digigit nyamuk.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tips-tips di atas, Anda dapat mengusir nyamuk dari rumah dengan aman dan efektif. Selamat mencoba!