bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Di Forum G20, Menko PMK Pamer Keberhasilan Indonesia Entas Kemiskinan Ekstrem

Sabtu, 27 Juli 2024 11:17
    Bagikan  
G20
Kementerian PMK

G20 - Menko PMK, Muhadir Effendy saat berada di Pertemuan Tingkat Tinggi G20, di Galpāo da Cidadania, Brasil, Rabu (24/7/2024)

HELOINDONESIA.COM - Menko PMK, Muhadjir Effendy memamerkan keberhasilan Indonesia dalam mengentas kemiskinan ekstrem saat menghadiri Ministerial Meeting of the Task Force for Establishing a Global Alliance Against Hunger and Poverty, dalam rangkaian Pertemuan Tingkat Tinggi G20, di Galpāo da Cidadania, Brasil, Rabu (24/7/2024).

Forum ini dihadiri langsung oleh Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva, delegasi negara G20 dan negara undangan lainnya.

Dalam forum itu, Menko Muhadjir menegaskan keberhasilan Indonesia dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem hinggga mendekati nol persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) kondisi kemiskinan ekstrem di Indonesia telah banyak mengalami penurunan.

Baca juga: Menko PMK Tinjau Hotel di Madinah, Jemaah: Terima Kasih Layanannya, Hotelnya Bagus!

Persentase penduduk miskin ekstrem Indonesia pada Maret 2024 sebesar 0,83 persen. Angka ini berhasil turun 0,29 persen poin terhadap Maret 2023 yang sebesar 1,12 persen.

"Ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang berhasil menuntaskan kemiskinan ekstrem mendekati 0 persen, lebih cepat 6 tahun dari target Sustainable Development Goals (SDGs) yang menetapkan target kemiskinan ekstrem entas pada tahun 2030," kata Mendikbud pada Kabinet Jokowi Jilid Satu ini.

Task Force for Establishing a Global Alliance Against Hunger and Poverty (GAAHP) merupakan mekanisme baru dalam G20 yang diinisiasi oleh Brasil dalam keketuaannya di tahun 2024.

Satuan tugas ini memiliki mandat membentu aliansi global untuk mengentaskan kemiskinan dan kelaparan di dunia sesuai dengan target SDGs 1 No Poverty (Tanpa Kemiskinan) dan SDGs 2 Zero Hunger (Tanpa Kelaparan).

Baca juga: Tekait Pelayanan Haji 2024 Menko PMK Bilang Begini

"Saya sangat mendukung dan memberikan apresiasi tinggi bagi Brasil yang menjadikan isu pengentasan kemiskinan dan kelaparan sebagai salah satu isu utama dalam keketuaannya di pertemuan G20 tahun ini," ucap Muhadjir.

Sebagai informasi, Ministerial Meeting of the Task Force for Establishing a Global Alliance Against Hunger and Poverty yang diselenggarakan pada tanggal 24 Juli 2024 di di Galpāo da Cidadania, Brasil merupakan soft launching dari Global Alliance Against Hunger and Poverty (GAAHP) yang resminya akan diluncurkan pada G20 Summit, pada bulan November di Rio de Janeiro, Brasil.

Pemilihan Galpāo da Cidadania menjadi lokasi penyelenggaraan Ministerial Meeting of the Task Force for Establishing a Global Alliance Against Hunger and Poverty sebagai bentuk simbolisme karena program pemberian makan bergizi gratis bagi masyarakat yang tidak mampu di Rio seringkali dilaksanakan di gudang logistik Galpāo da Cidadania.

Baca juga: Menko PMK Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Salamad Indonesia di Vietnam

Selanjutnya, Menko PMK melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pembangunan Sosial Brasil Wellington Dias, di Galpāo da Cidadania, Brasil, pada Rabu (24/7/2024).

Dalam pertemuan itu dibahas upaya peningkatan kerja sama Indonesia-Brasil melalui penguatan MoU bilateral Pengentasan Kemiskinan, pembentukan working group guna berbagi best practices dalam menangani kemiskinan.

Selain itu, Menko Muhadjir juga melakukan diskusi singkat dengan Direktur Jenderal Food and Agricultural Organization Of The United Nation (FAO) Qu Dongyu saat menghadiri peluncuran United Nations Report on the State of Food Insecurity in the World (SOFI 2024) bersama para menteri dan pejabat tinggi negara G20 lainnya.(*/ANO)