bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

PHRI Dukung Kesiapan Amenitas Selama Pelaksanaan World Water Forum ke-10

M Ridwan - Internasional
Sabtu, 18 Mei 2024 18:48
    Bagikan  
Event Internasional,
Ist

Event Internasional, - Kemenparekraf juga akan menyiapkan kunjungan bagi delegasi ke berbagai destinasi salah satunya Desa Wisata Jatiluwih yang terkenal dengan sistem subak.

HELOINDONESIA.COM - Pelaksanaan event internasional World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, pada 18-25 Mei 2024 akan memberikan dampak yang besar terhadap geliat ekonomi Bali khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Salah satunya terlihat di sektor akomodasi di mana tingkat okupansi hotel di Bali, khususnya kawasan Nusa Dua, sangat tinggi.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya, menyatakan pihaknya secara totalitas mendukung pelaksanaan World Water Forum ke-10 dengan menyiapkan layanan amenitas terbaik bagi para delegasi.

Baca juga: Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah

"Pelaksanaan event-event MICE internasional akan memberikan dampak yang besar. Ini tentunya menjadi berkah bagi Bali," ujar Rai.

World Water Forum ke-10 Indonesia akan dihadiri oleh kepala negara atau kepala pemerintahan lebih dari 30 negara undangan dan organisasi internasional. Forum yang mengusung tema "Water for Shared Prosperity" ini rencananya akan dihadiri lebih dari 50 ribu peserta.

Rai mengatakan hotel-hotel di kawasan Nusa Dua tempat konferensi berlangsung tingkat okupansinya menyentuh angka 100 persen. Tidak hanya di kawasan Nusa Dua, tetapi juga berdampak pada hotel-hotel di luar kawasan. Seperti Jimbaran, Kuta, Sanur, juga Ubud.

Baca juga: Menteri Basuki Tinjau Taman Bhagawan di Tanjung Benoa, Venue Cultural Night World Water Forum ke-10

"Hal ini juga akan berdampak lebih luas ke pelaku usaha lainnya, seperti usaha restoran," ujar Rai.

Hal senada dikatakan Ketua PHRI BPD Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. Ia mengatakan dipilihnya Bali sebagai tempat penyelenggaraan World Water Forum di Bali tidak saja memberi dampak langsung terhadap tingkat hunian hotel di Bali, khususnya kawasan Nusa Dua tapi juga promosi Bali sebagai destinasi pariwisata favorit dunia.

“Untuk itu saya selaku Ketua PHRI BPD Bali, berharap agar penyelenggaraan acara-acara seperti halnya World Water Forum yang dilaksanakan di Bali. Dan kami yakin seluruh stakeholder pariwisata di Bali akan sangat mendukung,” ujar Tjokorda Oka.

Baca juga: 4 Orang Saksi Terkait Perkara Timah Diperiksa Kejaksaan Agung

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno sebelumnya mengatakan industri pariwisata dan ekonomi kreatif secara keseluruhan siap mendukung pelaksanaan World Water Forum ke-10.

Ia meyakini pelaksanaan event MICE internasional akan memberikan dampak yang luas termasuk pada promosi destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif.

"Para delegasi akan banyak yang menikmati keindahan dan kekayaan budaya Bali," ujar Menparekraf Sandiaga.

Baca juga: Ketua BRA Diperiksa Kejati Aceh Sebagai Saksi Terkait Perkara Pengadaan Budidaya Ikan Kakap dan Pakan Rucah

Kemenparekraf/Baparekraf berkolaborasi dengan Pemprov Bali dan juga industri lainnya juga sudah menyiapkan paket-paket wisata yang dapat dipilih para delegasi yang hadir untuk berwisata di Bali.

Seperti prosesi Melukat atau Balinese Water Purification Ceremony yang merupakan ritual adat khas Bali dengan konsep kegiatan Rahina Tumpek Uye dan Upacara Segara Kerthi.

Kemenparekraf juga akan menyiapkan kunjungan bagi delegasi ke berbagai destinasi salah satunya Desa Wisata Jatiluwih yang terkenal dengan sistem subak.

Baca juga: SKK Migas - KKKS Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Sumbar

Keseluruhan pelaksanaan World Water Forum 2024 di Bali juga akan sepenuhnya lekat dengan nilai-nilai budaya Indonesia khususnya Bali. Seperti pada upacara pembukaan, gala dinner, acara penutupan, akan diisi dengan ragam suguhan budaya dan kuliner khas nusantara.

"Kita harapkan para peserta akan mendapatkan kenangan yang tidak terlupakan selama di Bali. Termasuk juga kegiatan-kegiatan seperti _carbon footprint offsetting_ yang akan kita lakukan dengan penanaman mangrove, juga trip ke Jatiluwih yang banyak peminatnya," ujar Sandiaga.

World Water Forum sendiri merupakan sebuah forum internasional yang menghimpun para pemangku kepentingan di bidang air. Forum global yang diselenggarakan setiap tiga tahun sejak 1997 ini mengajak semua pihak untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan praktik nyata dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya air yang berkelanjutan.

Baca juga: Baru Rilis Oppo A60 Sudah Dibanting-banting

Tema utama World Water Forum ke-10 adalah "Water for Shared Prosperity" atau Air untuk Kesejahteraan Bersama. Pemilihan tema tersebut relevan dengan kondisi global saat ini, di mana ketersediaan air bersih masih menjadi tantangan bagi banyak negara.