Helo Indonesia

Polisi Gagalkan Penyelundupan 20 Kilogram Sabu Jaringan Internasional

Anang Fadhilah - Nasional -> Hukum & Kriminal
Kamis, 11 Juli 2024 07:54
    Bagikan  
Sabu 20 Kilogram
Polda Kalsel

Sabu 20 Kilogram - Polda Kalsel amankan 20 Kilogram sabu diduga jaringan DPO Fredy Pratama. (ist/helokalsel)

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil mengamankan 20 kilogram sabu dari lima tersangka yang diduga bagian dari jaringan Fredy Pratama alias Miming, seorang buronan dalam kasus narkoba asal Kalsel. Sabu tersebut diidentifikasi masuk ke Kalimantan Selatan melalui Kalimantan Timur.

“Ditresnarkoba Polda Kalsel berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 20 kilogram,” ujar Dirresnarkoba Polda Kalsel Kombes Pol Kelana Jaya ketika dihubungi, Kamis (11/7/2024).

Kelana menjelaskan bahwa keberhasilan pengungkapan ini berkat informasi dari masyarakat dan penelusuran di beberapa lokasi. Pengungkapan dilakukan pada Selasa (9/7) di dua lokasi berbeda, yakni di kawasan Jalan A Yani Km 7 Kecamatan Kertak Hanyar dan Jalan A Yani Km 17 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

Di lokasi pertama, yaitu di Jalan A Yani Km 7, petugas berhasil mengamankan 7 kilogram sabu. Kemudian, setelah pengembangan, di lokasi kedua di Jalan A Yani Km 17, petugas menemukan sekitar 13 kilogram sabu dengan berat bersih sekitar 19,51 kilogram.

“Barang bukti sabu seberat 20 kilogram yang berhasil diamankan dibungkus dalam kemasan teh dari Cina,” ujar Kombes Kelana.

Kelana menjelaskan bahwa petugas mengamankan lima tersangka berjenis kelamin laki-laki dengan inisial ARE, MRF, DH, MRM, dan RSH. "Tersangka ARE berasal dari Kalsel, sedangkan empat lainnya berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat. Kelima tersangka teridentifikasi baru saja tiba dari daerah Kalimantan Timur dan telah berada di Kalsel selama seminggu," ujarnya.

Kombes Kelana Jaya menambahkan bahwa menurut pengakuan para tersangka, komplotan ini sebelumnya sudah pernah membawa sabu dalam jumlah besar ke Kalsel.

"Menurut pengakuan salah satu tersangka, mereka pernah membawa 40 kilogram sabu ke Kalsel. Ini adalah pengiriman kedua dengan berat 20 kilogram,” jelasnya.

Kelana menyatakan bahwa berdasarkan bungkus dan penelusuran, sepertinya sabu ini terkait dengan jaringan internasional dari Malaysia dan Fredy Pratama alias Miming. “Ini adalah temuan di lapangan, dan kami terus melakukan pengembangan terhadap sabu yang dibawa oleh lima tersangka ini," katanya.