bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pemerintah Daerah Bersinergi dengan Penegak Hukum Amankan Aset dari Tambang Liar di Paringin

Anang Fadhilah - Nasional -> Hukum & Kriminal
Selasa, 23 April 2024 13:13
    Bagikan  
Ilegal Mining
Tambang Ilegal

Ilegal Mining - aktifitas tambang liar di lahan seluas sekitar 13 hektar di Minduin Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan Provinsi Kalsel. (foto: ist/heloindonesia)

BALANGAN, HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Kabupaten Balangan bersama dengan Polres Balangan, Satpol PP Balangan, dan Kodim 1001 HSU/Balangan, melakukan langkah tegas dalam mengamankan aset lahan yang direncanakan untuk dibangun menjadi sport center. Langkah tersebut diambil menyusul adanya laporan mengenai aktifitas tambang liar di lahan seluas sekitar 13 hektar di Minduin Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan Provinsi Kalsel.

Hal ini dikatakan Sekda Pemkab Balangan Sutikno, bahwa pihaknya telah mengirimkan surat permohonan pendampingan pengamanan kepada Polres dan Kodim setelah menerima laporan mengenai aktifitas masyarakat di lahan yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah. "Tindakan tersebut bertujuan untuk menegakkan hukum dan mencegah penggunaan lahan tersebut di luar kegiatan yang telah direncanakan oleh pemerintah daerah," katanya Selasa (23/4/2024).

Kata Sutikno, saat tim gabungan tiba di lokasi di Minduin, Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, tampak tidak ada aktifitas yang berlangsung. Namun, jejak kegiatan pengerukan masih terlihat jelas di lokasi tersebut.

"Pemkab tentu tidak akan tinggal diam terhadap aktifitas yang melanggar aturan, dan telah mengambil langkah-langkah preventif seperti penutupan lokasi dan pemasangan spanduk larangan untuk memastikan keamanan aset milik Pemerintah Daerah," katanya.

"Dukungan Masyarakat Diperlukan dalam Pengawasan Aktivitas Mencurigakan di Wilayah Balangan"

Menurut Sutikno, dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Balangan, partisipasi aktif dari masyarakat sangatlah penting. Pemerintah daerah, bersama dengan aparat keamanan, mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam mengawasi dan melaporkan jika menemukan aktivitas yang mencurigakan atau melanggar hukum.

Melalui keterlibatan aktif masyarakat, diharapkan potensi terjadinya tindak kriminal, termasuk aktivitas tambang liar seperti yang baru-baru ini terjadi, dapat diminimalisir. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan peka terhadap perubahan lingkungan sekitar, serta untuk tidak ragu melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

Dengan sinergi antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat, diharapkan wilayah Balangan dapat tetap aman dan nyaman untuk ditinggali serta berkembang. Langkah-langkah preventif dan tindakan responsif akan menjadi lebih efektif dengan adanya kerjasama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.