bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Trump Tiba di New York City Jelang Sidang Dakwaan di Pengadilan Manhattan Selasa Sore

Selasa, 4 April 2023 16:29
    Bagikan  
Trump Tiba di New York City Jelang Sidang Dakwaan di Pengadilan Manhattan Selasa Sore

Mantan presiden AS Donald Trump tiba di Trump Tower di New York pada 3 April. (FOTO: EPA-EFE/tst)

AMERIKA SERIKAT - Mantan Presiden Donald Trump meninggalkan kediamannya di Florida sekitar tengah hari dan diperkirakan akan hadir di gedung pengadilan Manhattan Selasa sore

Donald Trump tiba di New York City pada hari Senin, sehari sebelum dia dijadwalkan untuk hadir di Pengadilan Manhattan yang sangat dinanti-nantikan di mana dia akan menanggapi dakwaan pidana pertama yang diajukan terhadap mantan presiden Amerika.

Sekitar pukul 14.15 ET (Waktu setempat)  pada hari Selasa, dia akan muncul di gedung pengadilan di mana dewan juri yang dibentuk oleh jaksa wilayah Manhattan Alvin Bragg menjatuhkan dakwaannya minggu lalu, untuk mengetahui detail pasti dari undang-undang mana yang diduga telah dia langgar. 

Dalam dakwaannya, dia diperkirakan akan difoto dan diambil sidik jarinya, tetapi tidak akan diborgol sesuai kesepakatan yang dicapai tim hukumnya dengan Bragg, kata pengacara Trump Joe Tacopina pekan lalu.

Pengacara Trump menentang videografi, fotografi, dan liputan radio dari dakwaan tersebut, dengan mengatakan hal itu akan "memperburuk suasana yang sudah hampir seperti sirkus di sekitar kasus ini". Pada Senin malam, Hakim Juan Merchan memutuskan bahwa lima fotografer akan diterima selama beberapa menit sebelum dakwaan, dengan kamera TV hanya diperbolehkan di lorong gedung.Pendukung Trump berdiri di luar bandara internasional Palm Beach. Foto: Joe Cavaretta/AP/the guardian

Pendukung Trump berdiri di luar Bandara Internasional Palm Beach. Foto: Joe Cavaretta/AP/the guardian.

Mantan presiden itu berangkat sekitar tengah hari pada Senin dari bandara internasional Palm Beach, terbang selama lebih dari tiga jam ke kota tempat ia membangun kariernya sebagai maestro real estate dan bintang reality TV, tetapi akhirnya meninggalkan negara bagian selatan yang semakin konservatif itu pada 2019. ?Amerika tidak seharusnya seperti ini!? Trump menyesali akun Truth Social-nya pada Minggu malam, di sebuah pos di mana dia mengumumkan rencana perjalanannya untuk beberapa hari mendatang.

Menjelang sore dia memasuki kompleks Trump Tower di Fifth Avenue New York tidak jauh dari Central Park, di mana dia memiliki apartemen dan kantor. Mantan presiden itu melambai ke publik dan, mengenakan pakaian standarnya berupa jas biru, kemeja putih, dan dasi panjang berwarna merah cerah, menghilang di dalam gedung pencakar langit.

Detail penting dari kasus ini dapat terungkap sebelum Trump menginjakkan kaki di ruang sidang. Organisasi media termasuk Washington Post, New York Times dan CNN telah mengajukan petisi kepada Hakim Juan Merchan untuk mempublikasikan dakwaan Bragg, yang dilaporkan berisi lebih dari 30 dakwaan dan setidaknya satu kejahatan terkait dengan pembayaran uang suap yang dia fasilitasi kepada bintang film dewasa Stormy Daniels jelang pemilu 2016.

Terlepas dari pembatasan siaran, penampilan mantan presiden di New York akan menerima publisitas sebanyak mungkin. Pada Senin pagi, jaringan televisi lokal di Florida menyiarkan kedatangan Trump di klub golfnya di West Palm Beach, dan memasang kamera di bandara tempat dia berangkat.

Gerombolan wartawan yang berkemah di luar pengadilan kriminal Manhattan tempat dakwaan dijatuhkan kemungkinan akan membengkak pada hari Selasa, ketika Trump muncul di bawah pengamanan ketat. 

Sehari setelah dakwaan diumumkan minggu lalu, departemen kepolisian New York mengatakan kepada semua 35.000 petugasnya untuk muncul dengan seragam, dan polisi Capitol AS di Washington DC dilaporkan telah memperingatkan anggota parlemen tentang potensi protes secara nasional.

Sejauh ini, New York Young Republican Club ? yang telah menyatakan bahwa Trump ?mewujudkan rakyat Amerika ? jiwa kita dari id hingga super-ego? ? dan anggota kongres sayap kanan Marjorie Taylor Greene adalah satu-satunya tokoh utama yang telah mengumumkan rencana untuk menjadi di tempat kejadian memprotes dakwaan tersebut.

Mantan presiden mengatakan dia akan memberikan pidato setelah sidang, tetapi mungkin tidak dapat mengatakan semua yang ada di pikirannya. Merchan dapat memutuskan untuk mengeluarkan perintah lelucon pada semua pihak dalam kasus tersebut, setelah Trump menghabiskan akhir pekan dengan mengamuk melawan Bragg.

 ?D.A. tidak ada kasus, ?kata mantan presiden itu Minggu malam di Truth Social. ?Apa yang dia miliki adalah tempat di mana TIDAK MUNGKIN bagi saya untuk mendapatkan Pengadilan yang Adil (itu harus diubah!), Dan Hakim Pembenci Trump, dipilih langsung oleh D.A. (dia harus diubah!). Melalui seorang juru bicara, miliarder George Soros pada hari Jumat membantah adanya hubungan dengan Bragg atau kampanyenya untuk jaksa wilayah, posisi terpilih.

Betapapun marahnya dia di depan umum, dakwaan tersebut tampaknya telah membantu Trump dalam upayanya untuk kembali memenangkan nominasi Partai Republik sebagai presiden tahun depan. 

Dia sudah dianggap sebagai yang terdepan, dan jajak pendapat Yahoo/YouGov yang dirilis pada hari Sabtu menunjukkan bahwa mantan presiden tersebut memiliki keunggulan 26 poin persentase atas Ron DeSantis, gubernur Florida yang dipandang sebagai calon penantang terkuatnya. Dalam survei yang dilakukan awal Maret, keunggulan Trump adalah delapan poin persentase.

Namun jajak pendapat lain dari CNN dan SSRS menemukan 60% orang Amerika menyetujui dakwaan Trump, tetapi pakar hukum telah mengajukan beberapa pertanyaan tentang kekuatan kasus Bragg. Sementara tuduhan dan bukti pasti yang mendasarinya belum diketahui, keraguan berpusat pada apakah dugaan pelanggaran Trump menambah tuduhan kejahatan yang lebih serius yang diharapkan akan dicari oleh Bragg, serta keandalan beberapa saksi. (*)

(A Winoto)

Tags