bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Bernama Malaysia: Muslim di Singapura, Indonesia dan Thailand Rayakan Idul Fitri Hari Sabtu

Jumat, 21 April 2023 00:00
    Bagikan  
Bernama Malaysia: Muslim di Singapura, Indonesia dan Thailand Rayakan Idul Fitri Hari Sabtu

Ilustrasi Idul Fitri. (Ilustrasi: Freepick)

MALAYSIA - Muslim di Singapura, Indonesia dan Thailand akan merayakan Idul Fitri pada hari Sabtu.  Hal itu disampaikan Kantor berita Bernama Malaysia.

Di Singapura Mufti Dr Nazirudin Mohd nasir,dalam pengumuman di Dewan Agama Isalam (MUIS) website today, mengatakan:

?Menurut perhitungan ahli astronomi, posisi hilal atau bulan sabit untuk permulaan bulan Syawal tidak tampak pada sore hari setelah matahari terbenam. Ini menandakan bahwa besok akan menjadi akhir dari 30 hari Ramadan." ?Syawal atau Idul Fitri 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023."

Dia juga mengambil kesempatan untuk mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri" kepada seluruh umat Islam di Singapura.

?Kami minta maaf untuk segala kekurangan. Semoga komunitas Muslim kita tetap bersatu dalam mengatasi semua tantangan dengan kasih sayang dan empati," tambahnya.)

Di Jakarta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu setelah dalam pemantauan posisi hilal atau bulan sabit untuk Syawal saat Maghri di indonesia belum memenuhi kriteria.

Menteri merujuk kriteria yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei Darrussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) didasarkan persetujuan pada 2021.

Di Thailang, Sheikhul islam of Thailand, Aziz Phitakkumpon juga mengumumkan Sabtu sebagai awal Syawal atau idul Fitri di negeri itu, setelah dikomfirmasi bahwa posisi hilal belum terlihat.

"Jadi, dengan proses yang semestinya, saya umumkan Sabtu sebagai hari pertama Idul Fitri, katanya dalam satu statemen,. (*)

(A Winoto)

(Sumber: Bernama.com)

Tags